Connect With Us

Pembahasan UMK Kota Tangerang 2011 Deadlock

| Jumat, 26 November 2010 | 18:17

Buruh PT Panarub Industry demo. (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS-Pemerintah Kota Tangerang belum menentukan  besaran Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) tahun 2011. Pasalnya, pembahasan mengenai UMK tersebut mengalami deadlock (tidak ada titik temu) karena tidak adanya kesepakatan antara Asosiasi Pengusaha Indonesia Apindo (Apindo) dan Serikat Pekerja Kota Tangerang.
 
Menurut Ketua Apindo Kota Tangerang Gatot Purwanto, ketidaksepakatan tersebut dikarenakan beberapa masalah yang perlu dibahas lebih lanjut. Diantaranya, komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dinilai oleh Apindo perlu direvisi.
Namun, kata Gatot, pihak Serikat Pekerja tetap menginginkan agar komponen KHL tidak direvisi untuk segera menentukan UMK. “Jadi sampai saat ini belum ada kesepakatan,” ungkapnya.
 
Gatot menjelaskan, revisi tersebut harus dilakukan karena dalam beberapa komponen KHL tidak sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Menurutnya, besaran upah minimum harus ditentukan seiring perkembangan perekonomian melalui sejumlah indikator, terutama terkait tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, atau daya beli.
 
“Salah satunya di komponen KHL sekarang ini masih menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar, padahal sudah ada program konversi dari minyak ke gas. Dan konversi tersebut mengakibatkan minyak tanah lebih mahal dan sulit diperoleh. Akhirnya, survei harga tidak sesuai dengan kondisi sekarang," katanya.
 
Gatot mengatakan, jika tidak ada kesepakatan maka pembahasan besaran UMK belum ditentukan sehingga belum bisa memberikan rekomendasi ke Gubernur untuk ditetapkan.(rangga zuliansyah)
 

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill