Connect With Us

Dapat Rp2,2 Miliar, SMK PGRI 1 Kota Tangerang Kembali Ajukan Program SMK Pusat Keunggulan

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 7 Januari 2022 | 22:46

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto saat sosialisasi program SMK Pusat Keunggulan di SMK PGRI 1 Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-SMK PGRI 1 Kota Tangerang, kembali mengajukan kerja sama dengan pihak industri dan Kemendikbudristek untuk bisa mendapatkan program SMK Pusat Keunggulan.

Kepala SMK PGRI 1 Kota Tangerang Aep Gumiwa mengatakan, pada 2021 pihaknya mendapatkan program SMK Pusat Keunggulan dengan nilai bantuan Rp2,2 miliar atas kerja sama dengan pihak inudstri. 

"Alhamdulillah, kita dapat untuk program keahlian teknik komputer jaringan dan komunikasi. Bantuannya berupa fisik, peralatan dan non fisik sekitar Rp2,2 miliar," ujarnya saat ditemui setelah acara Kemendikbudristek terkait sosialisasi SMK Pusat Keunggulan di SMK PGRI 1 Kota Tangerang, Jumat 7 Januari 2022.

Adapun tahun 2022 ini, pihaknya berupaya mengepakkan sayapnya untuk bisa mendapatkan program teranyar dari Kemendikburistek ini. “Kita ajukan untuk jurusan yang lain seperti DKV (desain komunikasi visual)," katanya.

Pihaknya sangat merespons baik adanya program SMK Pusat Keunggulan ini, karena kurikulum bisa disusun oleh pihak sekolah dengan pihak industri.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto saat sosialisasi program SMK Pusat Keunggulan di SMK PGRI 1 Kota Tangerang.

Hal ini membuat pihak sekolah mendapat keleluasan untuk menyusun kurikulum sendiri terutama untuk materi-materi pelajaran yang sifatnya jurusan atau keahlian.

“Jadi kita mengundang perusahaan, menyusun kira-kira lulusan seperti apa yang dibutuhkan, sehingga tepat guna nantinya bahwa memang kita menghasilkan lulusan kompetensinya sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan," jelasnya.

Menurutnya, selama ini kan tidak ada kesepahaman antara sekolah dan industri. Sering kali kurikulum yang disusun oleh Kemendikbud pada saat diterapkan pada siswa di lapangan ternyata tidak dipakai dengan baik.

“Dengan program ini, jadi kurikulum pesanan jadinya. Pembelajarannya pun berubah. Lebih kepada project. Artinya siswa didorong bagaimana mengerjakan project pesanan perusahaan. Tidak lagi teori-teori yang diajarkan," katanya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto menjelaskan, dalam program SMK Pusat Keunggulan ini, pihak perusahaan melakukan investasi atau disebut dengan skema pemadanan dukungan di SMK yang didukung Kemendikbudristek.

"Kalau industri itu merasa diuntungkan dari program ini, pasti banyak industri yang akan maju untuk ikut membantu membina SMK. Sekarang kita rilis SMK Pusat Keunggulan skema pemadanan dukungan. Industri kasih Rp1 miliar ke sekolah, kami juga kasih Rp1 miliar. Jadi kami dengan skema ini akan menarik partisipasi lebih banyak lagi," jelasnya.

Tak hanya industri besar, kata dia, industri kecil, UMKM, BUMDES, BUMN, hingga pemerintah daerah pun bisa memberikan dukungan dengan menjadi partisipasi program ini. Sebab, keberadaan industri di setiap daerah berbeda-beda. "Yang penting mereka yang akan menggunakan lulusan," imbuhnya.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill