Connect With Us

Ada 4.730 Lowongan, Warga Kota Tangerang Bisa Bekerja di Korea & Jepang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 24 Januari 2022 | 12:36

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Warga Kota Tangerang saat ini memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di Korea dan Jepang. Pasalnya, kedua negara itu membutuhkan 4.730 tenaga kerja dari Indonesia.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim mengatakan, kuota tenaga kerja itu hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan negara Korea dan Jepang  pada bidang ketenagakerjaan.

"Dari pihak Jepang dan Korea meminta sumber daya manusia yang kompeten untuk di-hired sebagai tenaga profesional di bidang manufaktur dan perikanan termasuk juga untuk nurse dan careworker," jelasnya kepada TangerangNews, Senin 24 Januari 2022.

Menurutnya, tenaga kerja asal Indonesia yang dibutuhkan Korea berjumlah 4.400 pekerja. Sedangkan Jepang membutukan 330. Jika ditotal, ada 4.730 tenaga kerja yang dibutuhkan kedua negara ini.

"Itu kuotanya nasional," kata Mualim.

Adapun untuk Korea membutuhkan tenaga kerja di bidang manufaktur dan perikanan. Syaratnya, calon pekerja harus berusia minimal 18 tahun pada saat pendaftaran, pendidikan minimal SLTP atau sederajat dan KTP yang masih berlaku.

Selain itu, tidak pernah di deportasi/illegal stay di Korea Selatan, tidak punya catatan kriminal,

 tidak sedang dicekal di luar negeri, hingga kondisi kesehatan optimal dan terbebas dari penyakit kelamin, infeksi, paru-paru, serta penyakit hati.

Sedangkan untuk Jepang membutuhkan tenaga kerja sebagai suster atau perawat dengan kriteria usia 23-35 tahun

pendidikan D3 keperawatan dan S1 keperawatan, pengalaman komulatif dua tahun sejak tanggal kelulusan.

Lalu, Jepang juga membutuhkan tenaga careworker dengan persyaratan usia 21-35 tahun, pendidikan minimal D3 keperawatan, membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker yang diketik dan ditandatangani di atas materai Rp10 ribu.

Mualim mengajak, warga Kota Tangerang yang ingin bekerja di Korea dan Jepang dipersilakan untuk mendaftar.

"Jadi bagi warga Kota Tangerang yang berminat bisa mendaftar dengan menghubungi BP2MI terdekat. Kalau di Kota Tangerang ada di Perumahan Taman Royal kantor perwakilannya," pungkasnya.

BANTEN
PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

Senin, 15 April 2024 | 20:23

Dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2024, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis melakukan pengecekan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Provinsi Banten.

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill