Connect With Us

Karyawan Pabrik Marmer Demo Tuntut Tunjangan

| Senin, 6 Desember 2010 | 17:50

Buruh PT Panarub Industry demo. (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS-Puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonsia (SBSI) 1992 dari PT Panca Karya Prima Tangguh melakukan aksi unjuk rasa di depan perusahaan yang terletak di Jl. Manis II No. 8, Kawasan Industri Manis, Kecamatan  Jatiuwung, Kota Tangerang, Senin (6/12) siang.
 
Dengan menggunakan pengeras suara sambil membentangkan spanduk serikat, buruh pabrik yang memporduksi marmer granit ini menuntut hak-hak karyawan yang selama ini tidak diberikan perushaan.

Menurut Koordinator aksi demo, Soleh, selama ini perusahaan tidak memberikan tunjangan-tunjangan yang selama ini mereka minta. Karyawan, kata dia, hanya mendapatkan gaji sesuai Upah Minimum Kota (UMK) sebesar Rp 1.130.000 per bulan.

“Karyawan yang bekerja selama 3 sampai 10 tahun hanya mendapat gaji sesuai UMK. Padahal kebutuhan kita lebih dari itu. Kita menuntut adanya tunjangan transportasi, tunjangan jabatan dan tunjangan masa kerja,” ungkapnya di sela-sela aksi.

Soleh menjelaskan, tuntutan tersebut sebenarnya sudah diajukan sejak 03 Mei 2009, namun pihak managemen tidak pernah menyetujui dengan alasan keuangan perusahaan sedang goyah. “Itu alasan bohong. Kenyataannya kegiatan produksi dan eskpor barang tetap berjalan normal,” tambahnya.
 
Malahan, kata Soleh, pihak perusahaan menginimidasi para karyawan yang juga anggota SBSI dengan mengancam akan memecat mereka jika terus meminta tuntutannya. “Karena ancaman itu, sebanyak 25 anggota kami keluar dalam dua hari ini, Kta sangat menentang hal ini,”

Soleh mengancam, jika perusahaan tidak memenuhi tuntutan karyawan, mereka akan terus melakukan aksi unjuk rasa dengan membawa masa yang lebih banyak. “kita akan bawa masa SBSI dari Tangsel dan kabupaten Tangerang,” tegasnya.(rangga zuliansyah)

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill