Connect With Us

Di Tangerang Ada Laksa Nyonya dan Laksa Nyai

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 25 Februari 2022 | 12:52

Perwakilan Kang Nong Kota Tangerang memasak dan perkenalkan jenis laksa di Novotel. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Laksa merupakan makanan legendaris yang sudah tidak asing lagi warga Tangerang. Makanan yang menjadi favorit masyarakat ini merupakan perpaduan budaya Cina dan Melayu.

Biasanya laksa menjadi makanan yang disantap sehari-hari pada pagi, siang dan malam hari. Dalam perkembangannya, laksa Tangerang dijual dengan berkeliling menggubakan gerobak.

Namun ada juga pedagang yang membuka lapak di sepanjang trotoar depan Lapas Wanita Tangerang, Jalan M Yamin, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Namun tak banyak yang tahu bahwa Laksa Tangerang memiliki dua jenis sebutan, yakni laksa Nyonya dan Laksa Nyai.

Devie, Perwalikan Kang Nong Kota Tangerang menjelaskan perbedaan kedua laksa tersebut. Kalau Laksa Nyonya dibuat oleh warga etnis peranakan atau disebut Cina Benteng sedangkan Laksa Nyai dibuat oleh warga pribumi Tangerang.

“Kalau bahan-bahan dan isinya sama saja, yang memberdakan cuma yang buat. Karena biasanya beda tangan beda rasa,” katanya, Jumat 25 Februari 2022.

Laksa Tangrang ini terdiri dari mie beras yang disiram dengan kuah kuning. Untuk kuahnya sendiri dimasak dari kacang hijau, kentang, santan dan kaldu ayam. “Biasanya disantap dengan ayam kampung atau telur rebus. Lalu ditabur daun kucai,” tambah Devie.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill