Connect With Us

Cegah Tawuran Pelajar, Dindik Kota Tangerang Akan Bentuk Satgas Sekolah

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 31 Maret 2022 | 09:42

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaludin. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang akan membentuk satuan tugas (satgas) sekolah untuk mengatasi dan mencegah terjadinya tawuran antarpelajar.

Langkah tersebut diambil menyusul terjadi tawuran antarpelajar di Jalan Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang pada Senin 28 Maret 2022 yang mengakibatkan satu pelajar MTs meninggal.

"Ya, jadi Dindik kota Tangerang ini sedang menyiapkan langkah-langkah strategis terkait dengan maraknya anak-anak tawuran di berbagai kabupaten kota," ujar Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin kepada TangerangNews, Kamis 31 Maret 2022.

Jamaluddin mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait seperti Satpol PP, TNI, Polri, dan Kejaksaan untuk mencegah tawuran antarpelajar ini.

"Supaya terkait dengan masalah tawuran ini bisa teratasi ke depan. Dan ini kita siapkan program, tinggal tunggu saja nanti sesuai menjadi arahan pemda," katanya.

Jamaluddin mengungkapkan, program yang akan dilakukan adalah seperti membentuk satgas di sekolah dengan memaksimalkan peran siswa maupun pengawas dan guru.

"Gambarannya yang jelas bahwa kita ini bagaimana nanti mungkin ada satgas antitawuran, sosialisasi lebih masif lagi, peran guru, peran pengawas kita maksimalkan lagi termasuk peran pengawas di sekolah kita buatkan satgas di sekolah sampai satgas kelas," ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan menjadikan teman pelaku tawuran sebagai informan agar bisa mencegah terjadinya tawuran antarpelajar yang membahayakan nyawa ini.

"Nanti kita mendeteksi dari anak teman-temannya sendiri, jadi makanya nanti kita ya kalau bahasa sekarang mah ada intel temannya sendiri nanti, jadi teman sejawatnya lah yang akan jadi informannya," tuturnya.

Bahkan, direncanakan bakal ada sanksi yang menanti jika ada siswa yang sudah dibantu Pemkot Tangerang dalam program-program pendidikan seperti Tangerang Cerdas, tetapi malah kedapatan menjadi pelaku tawuran.

"Ya nanti kita aturlah sesuai dengan aturan saja nanti kita kaji dulu. Kalau misalnya katakan dia memang perilaku yang tidak baik bisa saja dicabut Tangcernya," pungkasnya.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill