Connect With Us

Lion Air Buka Suara Membeludaknya Pelamar Kerja di Tangerang yang Disetop Polisi

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 16 April 2022 | 19:20

Rekrutmen karyawan di Kantor Lion Air, Jalan Suryadharma, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang didatangi ratusan orang pelamar. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Lion Air membuka suara terkait membeludaknya rekrutmen calon karyawan karena dihadiri ribuan lebih pelamar yang memicu dampak kemacetan di kantor Lion Air, Jalan Suryadharma, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Sabtu 16 April 2022. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi TangerangNews, menjelaskan pelaksanaan proses seleksi awal dalam rekrutmen calon karyawan untuk beberapa posisi telah dilakukan menurut standar penerimaan dan berpedoman pada protokol kesehatan.

Lion Air Group menggunakan metode seleksi bertahap walk in interview, yaitu sesi wawancara dan sapa informal yang diatur oleh Lion Air Group guna merekrut sekelompok kandidat dalam waktu singkat dengan kuota terbatas setiap proses menurut jumlah pelamar (kandidat) yang mendaftar, yakni 100 – 200 orang.

Menurut dia, ketentuan ini sebagai bagian dalam mengedepankan faktor kesehatan, kualifikasi fisik, persyaratan adminstrasi, kenyamanan, dan keamanan.

 

“Adapun proses hari ini telah diatur sebagaimana ketentuan yang sudah dimiliki Lion Air Group, namun jumlah yang datang untuk melamar melalui proses walk in interview melebihi kapasitas," ungkapnya.

Dalam menanggapi dan mengakomodir pelamar kerja dalam jumlah besar berkisar 1.500 orang dan memperhatikan ketentuan penerimaan, maka Lion Air Group memutuskan tahap awal dilakukan proses seleksi administrasi.

"Seluruh berkas calon pelamar yang datang langsung sudah diterima oleh tim rekrutmen Lion Air Group," kata Danang.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai tahapan seleksi, semua pelamar kerja dipersilakan untuk meninggalkan lokasi. Hal ini merupakan keputusan Lion Air Group guna mengutamakan waktu tunggu atau antrean menjadi lebih cepat, sederhana, dan mengimplementasikan strategi rekrutmen efektif dan tepat sesuai situasi yang bergerak dinamis dalam membantu seleksi calon tenaga kerja.

"Berdasarkan kondisi yang terjadi hari ini, Lion Air Group menganalisis minat calon tenaga kerja, merancang kembali pesan (pengumuman) yang selaras dengan permintaan yang dibutuhkan, membangun keterlibatan bersama pihak terkait lainnya serta evaluasi kembali proses perekrutan yang selama ini telah dilakukan," beber Danang.

Ia melanjutkan, Lion Air Group saat ini masih menjalankan seleksi administrasi sebagai salah satu proses penting untuk menentukan kelayakan pelamar. Pengumuman hasil seleksi ini akan disampaikan kepada calon pelamar yang memenuhi kriteria.

Pengumuman lowongan kerja dan penerimaan calon karyawan dilakukan secara bertahap oleh Lion Air Group seiring mendukung proses pemulihan bisnis penerbangan (recover stronger), situasi dinamis serta perkembangan operasional dan layanan Lion Air Group beserta perusahaan afiliasi mendatang.

"Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas antusias dari pelamar kerja dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," pungkasnya.

Sebelumnya, membeludaknya pelamar kerja yang datang tersebut mengakibatkan macet panjang di kawasan Jalan Suryadharma, Sabtu 16 April 2022 pagi. Pihak kepolisian pun menyetop acara rekrutmen ini, seperti disampaikan Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill