Connect With Us

BMKG: Suhu Panas Tertinggi Terjadi di Tangerang dan Kalimarau pada Awal Mei Ini

Tim TangerangNews.com | Senin, 9 Mei 2022 | 12:15

| Dibaca : 4028

Ilustrasi cuaca panas di Indonesia. (@TangerangNews / Freepik)

TANGERANGNEWS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu udara tertinggi di wilayah Indonesia periode 1-7 Mei 2022 terjadi di wilayah Tangerang di Banten dan Kalimarau di Kalimantan Utara.

BMKG, dalam keterangannya seperti dilansir dari Tempo, Senin 9 Mei 2022, mengukur suhu maksimum periode itu sebesar 36,1 derajat Celsius. BMKG pun menyebut suhu panas terik yang dirasakan sebagian masyarakat.

Besaran suhu itu, berdasarkan data BKMG, belum sampai melampaui catatan suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada April selama 4-5 tahun terakhir, yaitu 38,8 derajat Celsius, di Palembang pada 2019.

Menurut BMKG, angka yang sama juga dicatat sebagai suhu maksimum tertinggi siang hari pada Mei di Temindung Samarinda, Kalimantan Timur, pada 2018 Fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari itu dipicu oleh posisi semu Matahari.

BMKG menjelaskan lebih lanjut, saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

“Musim kemarau ditandai dengan tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya yang menjadi sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang akan cukup mendominasi,” bunyi keterangan BMKG.

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah itu bisa mengoptimumkan penerimaan sinar Matahari di permukaan Bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang.

 

BANTEN
Stok Pertalite di Banten Cukup Untuk 15 Hari

Stok Pertalite di Banten Cukup Untuk 15 Hari

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:47

TANGERANGNEWS.com-Pertamina menyatakan stok bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite masih aman untuk 15 hari ke depan di wilayah Jakarta, Jawa Barat, termasuk Banten.

SPORT
Kado Kemerdekaan, Indonesia Juara Piala AFF U-16

Kado Kemerdekaan, Indonesia Juara Piala AFF U-16

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:12

TANGERANGNEWS.com-Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 dalam laga final Piala AFF U-16 2022 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat 12 Agustus 2022 malam.

NASIONAL
Pemerintah Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Program Bangga Buatan Indonesia

Pemerintah Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Program Bangga Buatan Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:59

TANGERANGNEWS.com-Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q2 tahun 2022 kembali mencatatkan kinerja impresif dengan capaian 5,44% (yoy). Catatan tersebut meneruskan kinerja dari dua kuartal sebelumnya yang juga mencatatkan pertumbuhan di atas 5%.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill