Connect With Us

Tekan Angka Stunting, Dindik Libatkan Guru PAUD dan TK di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 23 Mei 2022 | 15:38

| Dibaca : 193

Dindik Kota Tangerang menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting dengan tema 'Anak Sehat Generasi Sehat'.

Para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun dilibatkan sebagai peserta sosialisasi yang berlangsung di Aula Gedung PGRI Kota Tangerang, Senin 23 Mei 2022.

Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Dindik Kota Tangerang Hendriyanto menjelaskan, stunting di Kota Tangerang masih berada di angka 8,03 persen.

"Maka, angka stunting perlu ditekan, sehingga kami lakukan sosialisasi penanganan stunting ini. Pesertanya merupakan guru KB, TPA, SPS," ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Hendri, yang perlu ditekankan adalah pemberian makan tambahan di sekolah agar stunting bisa teratasi.

"Kami tekankan bagaimana seorang guru memahami konsep penurunan stunting melalui pembelajaran di PAUD, terus juga pemenuhan kesehatan dan gizi yang ada di sekolah-sekolah KB, TK, dan SPS melalui pemberian makan tambahan," jelasnya.

Para guru PAUD mempunyai peran penting untuk memberikan edukasi langsung kepada orang tua atau wali murid tentang pentingnya pemberian gizi berimbang.

"Guru-guru ini berhadapan langsung dengan anak, dan berkomunikasi aktif dengan orang tua didik yang ada di sekolahnya masing-masing agar memberikan penjelasan," imbuhnya.

Hendri pun meminta kepada para guru untuk bekerja sama dengan orang tua murid dalam melakukan pemantauan kesehatan dan gizi anak secara rutin.

"Lalu melakukan penimbangan di Posyandu dan mendapatkan vitamin A. Kemudian memastikan anak mendapatkan makanan bergizi yang sehat, baik di sekolah atau di rumah," lanjut dia.

Selain melakukan sosialisasi, tambah Hendri, pihaknya juga memberikan nomor statistik sekolah (NSS) secara gratis bagi 722 lembaga sekolah di Kota Tangerang.

"NSS ini sebelumnya semua lembaga belum memiliki, maka kita terbitkanlah NSS untuk lembaga PAUD, KB, TK, SPS secara gratis. Jadi, NSS ini digunakan dalam rangka pengisian data format isian yang ada di Dindik," pungkasnya.

KAB. TANGERANG
Tiga Lapak Pedagang di Sindang Jaya Tangerang Ludes Terbakar Akibat Gas Bocor

Tiga Lapak Pedagang di Sindang Jaya Tangerang Ludes Terbakar Akibat Gas Bocor

Senin, 27 Juni 2022 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Tiga lapak dagangan ludes terbakar di Kampung Waru 2, RT5/RW4, Desa Sukaharja, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Senin 27 Juni 2022.

MANCANEGARA
Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Rabu, 1 Juni 2022 | 16:31

TANGERANGNEWS.com-Balita di India memiliki kekurangan fisik yang tidak biasa, dimana memiliki dua lengan dan dua kaki tambahan yang menonjol dari area perut dan pinggang.

SPORT
Persita Tangerang Akan Main Ngotot Kontra Persis Solo Besok

Persita Tangerang Akan Main Ngotot Kontra Persis Solo Besok

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:54

TANGERANGNEWS.com-Pelatih Persita Tangerang Alfredo Vera menyatakan timnya akan bermain ngotot saat kontra Persis Solo di laga terakhir babak penyisihan Grup A ajang Piala Presiden 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill