Connect With Us

Ratusan Calon Jemaah Haji di Kota Tangerang Dites Usap Covid-19

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 3 Juni 2022 | 16:06

Swab test calon jemaah haji Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 393 calon jamaah haji kloter pertama di Kota Tangerang, menjalani proses tes usap atau swab test Covid-19 di Kantor MUI Kota Tangerang, Jumat 3 Juni 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Badri Hasun mengatakan, proses test swab itu sebagai bentuk kelengkapan syarat para calon jamaah sebelum berangkat menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah.

"Untuk sekarang ini ada penerapan baru yang diminta oleh pihak Arab Saudi. Di mana, harus PCR dengan pemberlakuan 72 jam sebelum keberangkatan. Jadi, Insya Allah besok jamaah haji kloter kedua Provinsi Banten akan diberangkatkan," ujarnya.

Menurutnya, para calon jamaah haji akan dilepas di Masjid Agung Al-Azhom pada Sabtu, 4 Juni 2022 pagi, menuju Asrama Pondok Gede.

"Dilepas di Masjid Al-Azhom pada besok pagi, lalu menuju Asrama Pondok Gede, hingga nanti diberangkatkan ke bandara menuju tanah suci," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, dalam pelaksanaan swab test ini dikerahkan 41 tenaga medis. Ada pula pembagian shift menjadi 3 untuk di Labkesda, agar proses pengecekan hasil swab test di laboratorium dapat selesai dengan cepat.

"Kita sudah siapkan tenaga medis dan laboratoriumnya dan untuk biaya PCR ditanggung oleh Kemenkes, dan tidak ada biaya tambahan," jelasnya.

Nantinya, bila ditemukan ada hasil yang positif Covid-19, maka calon jamaah haji akan ditunda keberangkatannya menuju Mekkah dan digantikan dengan keberangkatan selanjutnya.

"Jadi sesuai prosedur kalau ada yang positif, maka harus isolasi dan tidak jadi atau ditunda keberangkatannya. Nanti akan diusulkan pihak Kementerian Agama, untuk diatur kembali keberangkatannya selesai isolasi," pungkasnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

SPORT
Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Kamis, 25 April 2024 | 01:31

Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten yang akan dihelat di Kota Tangerang pada 8 Juni 2024 mendatang, proses pendaftaran bagi para peserta masih dibuka.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill