Connect With Us

SDN Sukasari 5 Tangerang Gelar Pendidikan kewirausahaan sejak dini

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:24

Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pendidikan kewirausahaan sejak dini sudah ditanamkan kepada para siswa di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang dengan menggelar kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Pihak sekolah mengemas projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut dengan kewirausahaan bertema 'mengenali makna, karakter, dan peran wirausaha dalam kehidupan manusia'.

Dalam acara hari penjualan tersebut, para siswa kelas satu sampai dengan kelas lima yang terbagi dalam 19 kelompok menampilkan karya produk-produknya dalam stan-stan untuk dipasarkan di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang, Sabtu 11 Juni 2022.

Ketua panitia acara tersebut, Badruddin mengatakan, pihaknya ingin menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada para siswa. Sehingga kelak mereka bisa menjadi pengusaha.

"Tema ini kami masukkan untuk melatih peserta didik, melatih keberanian, melatih kemandirian, dan melatih berusaha. Sehingga ketika dewasa tidak bercita-cita menjadi karyawan, tapi wirausahawan," ujarnya.

Dalam hari penjualan produk, para siswa tampak menampilkan dagangan aneka makanan dan minuman seperti tekwan, dongkal, siomay, pempek, salad buah, dan es jeruk. Mereka juga mempresentasikan produknya di hadapan para guru dan walinya.

"Secara mayoritas produk yang disajikan sesuai dengan keinginan anak-anak. Jadi produk tersebut ditentukan anak didik," katanya.

Adapun sebelum menjual produknya, kata Badruddin, para siswa melakukan observasi terkait produk yang akan dijualnya. 

Lalu saat sudah menentukan karya produk dagangannya, para siswa didampingi walinya untuk merealisasikannya.

"Untuk bahan baku dan modalnya itu swadaya orang tua sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Sekolah hanya memberikan pelajaran dan hanya memfasilitasi. Jadi, dari modal dan cara pembuatan kolaborasi antara orang tua dan anak," jelasnya.

Sementara itu, salah satu wali kelas 1A dari kelompok D, Rikha Asridan, menyampaikan melalui kegiatan ini para siswa bisa terbentuk karakternya sebagai pengusaha untuk menjalani kehidupan dalam menjalankan nilai-nilai Pancasila.

"Tentu ini menjadi awal kebangkitan kegiatan siswa di sekolah. Mudah-mudahan bisa terus berjalan," pungkasnya.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill