Connect With Us

Aplikasi dan Server PPDB Online Kota Tangerang Semakin Permudah Pendaftaran

Advertorial | Senin, 27 Juni 2022 | 12:43

| Dibaca : 146

Pelaksanaan PPDB Online di Kota Tangerang, Senin 27 Juni 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) negeri tahun ajaran 2022-2023 di Kota Tangerang mulai dibuka, Senin 27 Juni 2022.

Aplikasi dan server online untuk website PPDB telah difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, dalam mendukung pelaksanaan pendaftaran.

Website PPDB publik yang menampilkan seluruh informasi PPDB dapat diakses di laman ppdb tangerangkota.go.id. Selain itu, website pendaftaran di ppdbmandiri.tangerangkota.go.id yang dapat digunakan wali murid untuk mendaftarkan anaknya secara mandiri, ganti pilihan sekolah hingga proses daftar ulang. 

Kepala SMPN 24 Tangerang Bustami mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya aplikasi dan server yang disiapkan Diskominfo tersebut.

"Ya, dibandingkan dulu sebelum online, pendaftaran sangat menumpuk di sekolah. Tapi dengan online, kami dan wali murid terbantu, karena bisa daftar online dari rumah," katanya saat ditemui pada hari pertama pelaksanaan PPDB jenjang SMP negeri, Senin 27 Juni 2022.

Menurutnya, dengan diterapkannya pendaftaran PPDB online, para wali murid dan siswa tidak perlu datang ke sekolah. "Kalaupun datang ke sekolah, paling siswa untuk mengurus PIN untuk akses masuk ke website pendaftaran," ucap Bustami.

Adapun untuk menunjang lancarnya pelaksanaan PPDB online, pihaknya juga menyiapkan tiga petugas operator di sekolah. Hari pertama pelaksanaan PPDB online pada jalur zonasi, aplikasi dan server berjalan dengan lancar.

Bustami menuturkan, untuk PPDB tahun ini di SMPN 24 Tangerang menerima kuota 357 siswa. "Sejauh ini aman dan mudah-mudahan selalu aman, selalu tidak ada kendala," tuturnya.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, secara pelaksanaan pihaknya menyiapkan empat server fisik dan delapan server online, yang dikendalikan untuk menangani lonjakan trafik pendaftaran. 

Sebelum digunakan, tim Diskominfo juga telah melakukan assesmen server atau uji coba yang hasilnya tidak ada kendala.

"Alhamdulillah pelaksanaan hari pertama hingga siang ini tidak ada kendala yang serius. Semua masih dapat ditangani oleh tim yang bertugas,” ungkap Indri.

Selain menyiapkan server dengan kecepatan jaringan yang memadai, Diskominfo juga menyiagakan 20 personel baik terkait aplikasi maupun keamanan server.

“Tim ini disiagakan 24 jam, yang juga bertugas memantau keamanan operator PPDB diseluruh sekolah SDN maupun SMPN,” katanya.

Untuk diketahui, masing-masing jalur penerimaan memiliki kuota yang berbeda-beda. Untuk jalur zonasi, tersedia sebanyak 50%, jalur prestasi sebanyak 30%, jalur afirmasi sebanyak 15%, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebanyak 5%.

Sedangkan jumlah total kuota untuk SMP yang disiapkan sebanyak 10.782 siswa di 33 sekolah negeri di Kota Tangerang.

BANDARA
Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:46

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (AP II) memperoleh penghargaan 'Local Creative Festival sebanyak 3800 produk UMKM di Bandar Udara' oleh Rekor Muri tepat bersamaan dengan perayaan hari jadi AP II yang ke-38.

MANCANEGARA
232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:30

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 232 warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penyekapan dan penipuan di Kamboja.

TOKOH
Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:49

TANGERANGNEWS.com-Baru-baru ini, karakter Pesulap Merah menjadi perbincangan publik. Pria bernama panggung Marcel Radhival ini ternyata berasal dari Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill