Connect With Us

Serapan Anggaran di Kota Tangerang Lambat, Pengamat: Ganggu Pertumbuhan Ekonomi

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 6 Juli 2022 | 16:23

Peneliti kebijakan publik dari Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP) Riko Noviantoro. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Peneliti kebijakan publik dari Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP), Riko Noviantoro menyoroti serapan anggaran daerah Kota Tangerang yang baru mencapai 20 persen dalam APBD 2022.

Dia menyebut, anggaran daerah menjadi tulang punggu pertumbuhan ekonomi lokal. Terlebih disaat masyarakat sedang berbenah menata situasi ekonomi pasca Covid-19.

"Mari kita lihat data BPS tahun 2021. Pertumbuhan ekonomi nasional itu hanya 3,06 persen. Artinya kondisi ekonomi kita belum pulih selama Covid," kata Riko, Rabu 6 Juli 2022.

Meskipun data BPS tahun 2022 pada triwulan I menunjukkan petumbuhan ekonomi 5,0 persen dibandingkan triwulan yang sama pada tahun 2021. Menurutnya, dari sisi angka memang ada pertumbuhan, tetapi itu masih rentan.

"Maka untuk itu pemerintah daerah punya peran besar. Dengan terus mendorng pertumbuhan melalui serapan anggaran daerah seoptimal mungkin. Agar tercapai pertumbuhan yang ideal," kata Riko.

Riko mengungkapkan, dirinya mendorong serapan anggaran yang tepat perlu kehati-hatian. Pemerintah Kota Tangerang perlu membuat prioritas kegiatan.

Khususnya prioritas anggaran yang memiliki dampak ekonomi luas didahulukan, seperti pembangunan pasar, perbaikan infrastuktur strategis atau pendampingan UKM.

Melalui prioritas itu, Riko berharap pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang bisa meningkat sekaligus mendorong stabilitas ekonomi nasional. Pada akhirnya kesejahteraan masyarakat yang diharapkan.

"Berkaitan itu, kami mendesak Wali Kota Tangerang membuat skema penyerapan anggaran daerah. Membuat jenjang prioritas yang berdasarkan cakupan manfaat, luasan pelayanan sampai pada kebutuhan waktunya, sehingga dapat terukur dan terkontrol penggunaan anggaran dan manfaatnya," jelasnya.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill