Connect With Us

Optimis Menang Lomba Sekolah Sehat, Camat Cipondoh Harap Guru dan Siswa SDN 7 Gondrong Terapkan PHBS

Achmad Irfan Fauzi, Fahrul Dwi Putra | Kamis, 8 September 2022 | 18:26

| Dibaca : 455

Tim juri dari TPUKS Provinsi Banten saat meninjau SDN 7 Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat, Kamis, 8 September 2022. (Fahrul Dwi Putra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-SDN 7 Gondrong di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, turut serta dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) yang diselenggarakan TPUKS Provinsi Banten.

Pihak TPUKS Provinsi Banten pun telah melakukan peninjauan ke SDN 7 Gondrong pada Kamis, 8 September 2022.

Pantauan TangerangNews di lokasi, para siswa tampak antusias dalam menyambut kedatangan dari para juri.


Camat Cipondoh Rizal Ridolloh mengatakan, pihaknya meminta guru dan siswa SDN 7 Gondrong bisa menerapkan hidup bersih dan sehat.

"Yang pasti UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka menata lingkungan sekolah, selanjutnya sebagai program yang memang bisa diikuti oleh siswa terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan UKS," ujarnya, Kamis, 8 September 2022.

Camat Rizal mengharapkan, SDN 7 Gondrong bisa memenangkan LSS tingkat Provinsi Banten ini. Selain mengikuti lomba tapi tujuan utamanya adalah bagaima bisa mengimplementasikan pola-pola  hibup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah.

"SDN Gondrong 7 ini dianggap mampu dalam menunjang kegiatan UKS karena sarana dan prasarana lingkungan sehat dan memadai. Terus juga yang terpenting bagaimana siswa dan guru bisa mengubah mindset  untuk mengutamakan kebersihan dan kesehatan," jelasnya.

Kepala SDN 7 Gondrong, Nahrawi mengatakan, dirinya optimis dapat memenangkan lomba tersebut, karena melihat respon dari para juri cukup positif.

"Program sekolah sehat kami ada cuci tangan bersama, makanan sehat bersama, senam bersama, gosok gigi bersama itu setiap pekan kami laksanakan," ujar Nahrawi.

Nahrawi menuturkan, SDN 7 Gondrong telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri secara konsisten tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional sejak 2016 hingga 2021.


Dirinya mengharapkan dalam LSS ini SDN 7 Gondrong dapat meraih gelar juara dan dapat mewakili Provinsi Banten untuk ke tingkat nasional.

Koordinator Sekretariat TPUKS Provinsi Banten, Dede Rukhyati menjelaskan, indikator penilaian dari lomba tersebut meliputi Trias UKS plus Manajemen.

Adapun Trias UKS, yakni bagaimana peran sekolah dalam menerapkan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dengan adanya penjaringan bagi siswa, dan pembinaan lingkungan sekolah, lalu untuk manajemen menyangkut adanya koordinasi dari pusat, kota, kecamatan, hingga ke tim pelaksana.

"Seperti tadi di sambutan saya, satu kata wow keren banget ini, celah untuk kesalahan atau kekurangannya minimal sekali. Jadi ini Kota Tangerang setiap tahun selalu juara. Nanti kita lihat saja hasilnya bagaimana," pungkasnya.

PROPERTI
Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 23:34

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang dimulai sejak 20 November 2022 di Kota Tangerang telah resmi ditutup.

MANCANEGARA
Bom Meledak di Madrasah Afganistan, 15 Tewas

Bom Meledak di Madrasah Afganistan, 15 Tewas

Kamis, 1 Desember 2022 | 00:36

TANGERANGNEWS.com-Ledakan bom terhadi di sebuah madrasah di Kota Abyak, Provinsi Samangan, Afghanistan Utara, Rabu 30 November 2022. Akibat ledakan ini sedikitnya 15 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka.

KAB. TANGERANG
Belasan Atap Rumah Warga di Tigaraksa Tangerang Rusak Diterjang Hujan Angin

Belasan Atap Rumah Warga di Tigaraksa Tangerang Rusak Diterjang Hujan Angin

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:05

TANGERANGNEWS.com-Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan belasan rumah rusak berat di Desa Cisereh, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Minggu 4 Desember 2022.

BANTEN
Indeks Pembangunan Manusia Tangsel Tertinggi di Banten, Kok Bisa?

Indeks Pembangunan Manusia Tangsel Tertinggi di Banten, Kok Bisa?

Jumat, 2 Desember 2022 | 16:30

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapat predikat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2022 paling tertinggi dibandingkan dengan daerah lainnya di Provinsi Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill