Connect With Us

Optimis Menang Lomba Sekolah Sehat, Camat Cipondoh Harap Guru dan Siswa SDN 7 Gondrong Terapkan PHBS

Achmad Irfan Fauzi, Fahrul Dwi Putra | Kamis, 8 September 2022 | 18:26

Tim juri dari TPUKS Provinsi Banten saat meninjau SDN 7 Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat, Kamis, 8 September 2022. (Fahrul Dwi Putra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-SDN 7 Gondrong di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, turut serta dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) yang diselenggarakan TPUKS Provinsi Banten.

Pihak TPUKS Provinsi Banten pun telah melakukan peninjauan ke SDN 7 Gondrong pada Kamis, 8 September 2022.

Pantauan TangerangNews di lokasi, para siswa tampak antusias dalam menyambut kedatangan dari para juri.


Camat Cipondoh Rizal Ridolloh mengatakan, pihaknya meminta guru dan siswa SDN 7 Gondrong bisa menerapkan hidup bersih dan sehat.

"Yang pasti UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka menata lingkungan sekolah, selanjutnya sebagai program yang memang bisa diikuti oleh siswa terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan UKS," ujarnya, Kamis, 8 September 2022.

Camat Rizal mengharapkan, SDN 7 Gondrong bisa memenangkan LSS tingkat Provinsi Banten ini. Selain mengikuti lomba tapi tujuan utamanya adalah bagaima bisa mengimplementasikan pola-pola  hibup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah.

"SDN Gondrong 7 ini dianggap mampu dalam menunjang kegiatan UKS karena sarana dan prasarana lingkungan sehat dan memadai. Terus juga yang terpenting bagaimana siswa dan guru bisa mengubah mindset  untuk mengutamakan kebersihan dan kesehatan," jelasnya.

Kepala SDN 7 Gondrong, Nahrawi mengatakan, dirinya optimis dapat memenangkan lomba tersebut, karena melihat respon dari para juri cukup positif.

"Program sekolah sehat kami ada cuci tangan bersama, makanan sehat bersama, senam bersama, gosok gigi bersama itu setiap pekan kami laksanakan," ujar Nahrawi.

Nahrawi menuturkan, SDN 7 Gondrong telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri secara konsisten tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional sejak 2016 hingga 2021.


Dirinya mengharapkan dalam LSS ini SDN 7 Gondrong dapat meraih gelar juara dan dapat mewakili Provinsi Banten untuk ke tingkat nasional.

Koordinator Sekretariat TPUKS Provinsi Banten, Dede Rukhyati menjelaskan, indikator penilaian dari lomba tersebut meliputi Trias UKS plus Manajemen.

Adapun Trias UKS, yakni bagaimana peran sekolah dalam menerapkan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dengan adanya penjaringan bagi siswa, dan pembinaan lingkungan sekolah, lalu untuk manajemen menyangkut adanya koordinasi dari pusat, kota, kecamatan, hingga ke tim pelaksana.

"Seperti tadi di sambutan saya, satu kata wow keren banget ini, celah untuk kesalahan atau kekurangannya minimal sekali. Jadi ini Kota Tangerang setiap tahun selalu juara. Nanti kita lihat saja hasilnya bagaimana," pungkasnya.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill