Connect With Us

Sosok Buaya Putih dan Ular Mustika di Balik Keindahan Wisata Situ Cipondoh Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 22 September 2022 | 16:09

Sejumlah bebek terapung di Kawasan Situ Cipondoh yang berlokasi di Jalan KH Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Hilda Ulya)

TANGERANGNEWS.com-Situ Cipondoh merupakan salah satu destinasi wisata andalan warga Tangerang. Tetapi dibalik keindahan tampak luarnya, ternyata situ seluas kurang lebih kurang 170 hektare menyimpan begitu banyak misteri.

Bagi warga Tangerang, keberadaan makhluk halus berupa sosok buaya putih dan ular bermustika sudah menjadi cerita urban yang melegenda. Tidak ada yang tahu secara pasti kebenaran cerita tersebut.

Namun, beberapa peristiwa kerap dikait-kaitkan dengan kedua sosok penunggu Situ Cipondoh, seperti ketika penemuan mayat wanita pada 2021 lalu. Kabarnya, kedua makhluk tersebut akan menampakkan diri jika ada perilaku yang tidak pantas di kawasan Situ.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Sumangku Getar mengatakan, Cipondoh berasal dari dialek pondokan. Maknanya ada kehidupan di area tersebut sehingga air pondokan ini pun muncul.

“Bahwa Cipondoh ini punya nilai sejarah, saya pikir bisa jadi catatan tentang perjalanan kota ini,” ujarnya, seperti dikutip dari kanal Youtube Trans7 Lifestyle, Kamis, 22 September 2022.

Selain keberadaan sosok makhluk penjaga, terdapat misteri lain yakni makam keramat yang tak jauh dari lokasi Situ Cipondoh. Tepatnya berada di Desa Cipete, Kecamatan Pinang dengan jarak tempuh lima menit lewat jalur air menggunakan perahu dan 15 menit lewat jalur darat dengan kendaraan bermotor.

Makam keramat tersebut sudah berada sejak lama di area sekitar Situ Cipondoh. Warga percaya makan tersebut merupakan orang pertama yang mendiami kawasan Situ Cipondoh.

Kekeramatannya dipercaya warga sebab makam tersebut tidak bisa dipindahkan meski telah berkali-kali dicoba. Kabarnya, pada masa awal makam itu ditemukan, pernah ada orang yang sengaja ingin membangun rumah di sekitar kawasan tersebut. Tetapi belum sempat rumah dibangun, justru si pemilik rumah mendadak jatuh sakit dan meninggal.

Rumor-rumor miring mengenai keberadaan makam keramat Situ Cipondoh makin mencuat di kalangan warga sekitar, sempat dalam satu kesempatan makam tersebut akan dipindahkan ke tempat yang baru. Namun, percobaan tersebut selalu gagal dan menemui titik buntu hingga kini. 

Sampai sekarang makam keramat Situ Cipondoh masih menyimpan misteri tentang cerita asli dan siapa sebenarnya sosok yang dimakamkan di tempat tersebut.

Sementara itu keberadaan dari Situ Cipondoh sebenarnya awalnya adalah bendungan yang dibuat oleh pemerintah pada zaman kolonial Belanda sekitar 1930-an.

'Situ Cipondoh awalnya difungsikan sebagai cadangan penyimpanan air ketika kemarau dan untuk kebutuhan irigasi persawahan. Namun, ada pendapat lain yang mengatakan Situ Cipondoh sudah ada jauh sebelum datangnya era kolonialisme sebagai fenomena alam yang alami. 

Situ sedalam 4 meter ini mampu menampung air sebanyak 4 juta meter kubik, keberadaanya sangat penting sebagai penampung air agar kawasan di sekitarnya, seperti perumahan Cipondoh dan Batuceper tidak sering terkena banjir.

Meski menyimpan misteri, keberadaan Situ Cipondoh digunakan sebagai obyek wisata yang banyak memberikan manfaat bagi warga sekitar, salah satu tujuan bagi para wisatawan dengan keunggulannya sebagai tempat wisata murah. Situ Cipondoh juga merupakan spot yang menarik bagi para pemancing.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill