Connect With Us

Banjir Terjang Lebak Banten, Bangunan Ponpes Hanyut hingga Jembatan Ambruk

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:59

Bangunan Pondok Pesantren Santri Cigabeg Tegalumbu, di Warnasari, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten terseret arus banjir, Selasa 11 Oktober 2022. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bencana banjir menerjang kawasan Kabupaten Lebak Selatan, Provinsi Banten, sejak Minggu 9 Oktober 2022.

Dalam peristiwa tersebut, sebuah bangunan Pondok Pesantren Santri Cigabeg Tegalumbu, di Warnasari, Cibeber, terseret arus banjir, seperti dikutip dari Okezone, Selasa 11 Oktober 2022.

Berdasarkan video yang beredar sosial media, terlihat saat banjir merendam Ponpes, tiba-tiba saja bangunan tiga pintu berukuran panjang yang berada di samping masjid hanyut terbawa arus.

Selain menghanyutkan bangunan ponpes, banjir juga menyebabkan jembatan penghubung  Desa Bayah Timur dan Desa Cimancak, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak ambruk, Selasa 11 Oktober 2022.

Peristiwa itu terjadi akibat Sungai Cimadur meluap dan arus derasnya menyapu jembatan rangka tersebut.

"Saat ini jembatan dari rangka baja hanyut terbawa derasnya luapan Sungai Cimadur," ujar Kepala Desa Bayah Timur Rafik Rahmat Taufik seperti dilansir dari Tribunnews.

Sebelumnya hujan deras melanda kawasan tersebut, lalu sekitar pukul 14.20 WIB, air Sungai Cimadur meluap. Menurut Rafik jembatan itu merupakan satu-satunya akses masyarakat.

Diketahui, hujan pada Minggu 9 Oktober 2022 malam, membuat lima kecamatan di Kabupaten Lebak banjir, di antaranya Kecamatan Bayah, Cibeber, Panggarangan, Cilograng dan Cigemblong.

Bencana banjir itu disinyalir karena meluapnya Sungai Cibareno, Sungai Cisiih, Sungai Cimadur, Sungai Cicantra, Sungai Peucang Pari dan Sungai Cibadak.

 

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Berita Tangerang (@tangerangnewsofficial)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill