Connect With Us

Pemuda Tangerang Ini Perkenalkan Yoga Asana Hingga Juara di Fornas

Nur Fitriani | Minggu, 30 Oktober 2022 | 10:17

Arkan Fauzan Riyanto, salah satu pemuda berprestasi asal Kota Tangerang yang meraih medali emas dan perunggu di ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) 2021, lewat Yoga Asana. (@TangerangNews / Nur Fitriani)

TANGERANGNEWS.com-Arkan Fauzan Riyanto, salah satu pemuda berprestasi asal Kota Tangerang yang memperkenalkan olahraga Yoga Asana, bahkan berhasil meraih juara di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) pada tahun 2021.

Pria kelahiran 2001 ini, aktif dengan kesibukannya menjadi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta serta mengajar Yoga Asana di salah satu sekolah. Ia juga menjadi asisten Teacher Training School dan mengajar di komunitas Jabodetabek dan Bali.

Untuk diketahui, Asana berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya tempat duduk, kursi, tahta. Dalam KBBI berarti sikap kaki yg berbeda-beda menurut dewa yang diwujudkan.

Arkan menjelaskan Yoga Asana resmi diperlombakan di Indonesia saat Fornas VI Sumsel, pada 1-7 Juli 2022 lalu. Yang dinilai dari olahraga ini adalah gerakan posturnya. 

Yoga Asana ini lebih fokus ke sikap badan yang nyaman. Selain itu, melatih kekuatan, fleksibilitas, juga dapat mengatur keseimbangan antara tubuh dan pikiran.

"Salah satu contoh gerakan yang diperlombakan kemarin itu Warrior 3. Harus sejajar bokong, pinggul, aktif paha dan kaki berdiri kuat, punggung lurus," jelasnya, Minggu 30 Oktober 2022.

Dari kompetisi itu, ia meraih medali emas kategori master class dan perunggu kategori single. Ini adalah prestasi yang diukir Arkan untuk pertama kalinya.

Arkan sudah berlatih olahraga Yoga Asana sejak kecil. Sempat terhenti beberapa tahun, lalu ia mulai latihan lagi pada tahun 2017 hingga sekarang.

Rencananya tahun 2023, Arkan akan mengikuti lomba Yoga Asana yang digelar di Bandung, Jawa Barat. Manfaat olahraga ini untuk melatih pikiran dan sistem organ tubuh.

Yang terpenting di dalam latihan ini adalah saat ada di salah satu pose, di mana tubuh harus kuat menahan posisi tersebut.

Arkan menjelaskan, yang baru memulai olahraga ini rata-rata dari usia 25 tahun ke atas, dengan latihan yang fokus pada suatu posisi tubuh yang benar.

"Ketika latihan, mental kita juga dilatih. Apakah kita kuat menahan Asana itu atau tidak," katanya.

Menurutnya, untuk yang ingin berlatih olahraga yoga dengan tujuan menjaga kesehatan tanpa harus ke studio, dapat dilakukan di rumah, lapangan juga tanpa alat bantu.

Harapan Arkan dengan adanya perlombaan ini, supaya anak-anak muda Indonesia untuk lebih mengenal olahraga yoga.

"Yoga lebih dari sekedar latihan fisik. Sekarang, yoga menjadi induk organisasi di bawah Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI)," tambah Arkan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Waspada Bahaya Kanker Mulut Ganas, Begini Cara Deteksinya dari Dokter Tangerang

Waspada Bahaya Kanker Mulut Ganas, Begini Cara Deteksinya dari Dokter Tangerang

Selasa, 16 April 2024 | 14:24

Salah satu kasus keganasan dengan angka kematian tinggi ialah kanker mulut, yang hingga kini penyebabnya belum sepenuhnya diketahui karena terdapat banyak faktor berperan.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill