Connect With Us

Rayakan Sejiet , Vihara Bon San Bio Lestarikan Budaya

| Minggu, 6 Maret 2011 | 17:33

Tarian barongsai meriahkan perayaan Sejiet Kongco Tek Tjeng Sin yang ke-322 di Vihara Nimmala (Boen San Bio), Kota Tangerang. ( / )


TANGERANGNEWS-Vihara Nimmala (Boen San Bio) di Jl Pasar baru No 43, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, menggelar festival seni dan budaya Tionghoa dalam rangka perayaan Sejiet Kongco Tek Tjeng Sin yang ke-322. Perayaan ini digelar selama tiga hari, sejak Jumat (4/3), hingga Minggu (6/3).

Humas Yayasan Vihara Nimmala Adrianto mengatakan, dalam perayaan Sejiet Kongco Hok Tek Tjeng Sin memang selalu dimeriahkan dengan festival budaya Tionghoa. Beberapa kesenian budaya yang digelar adalah musik Toa Kok Toe (musik pengiring Dewa-Dewi), Liong dan Barongsai, serta pembuatan kue keranjang.

“Kegiatan ini selalu digelar untuk melestarikan budaya Tionghoa yang udah ada sejak lama. Setiap tahun, Acara selalu meriah dan mendapat animo dari masyarakat tak hanya masyarakat Tionghoa tapi juga masyarakat umum. Jadi bisa sekalian menjalin tali silaturahmi,” ungkapnya, Minggu (6/3).

Adrianto menambahkan, perayaan Sejiet ini diawali dengan pelepasan 3000 balon yang telah diberi nama masing-masing pemiliknya. “Hal tersebut merupakan kepercayaan agar nama orang yang naik ke langit bisa mendapat berkah,” tambahnya.

Kemudian, pihaknya juga mengelar musik Toa Kok Toe (musik pengiring Dewa-Dewi Kelenteng) yang personil serta alat musiknya didatangkan langsung dari Pekalongan. Musik ini dimainkan oleh 12 orang dengan jenis alat musik seperti terompet Cina, eksambel, gamelan, gong dan tambur barongsai. “Musik ini sudah sejak lama tidak dimainkan dalam perayaan Sejiet. Jadi ini untuk mengenalkan kembali kepada masyarakat,” papar Adrianto.

Acara terakhir adalah tarian liong dan barongsai dari perkumulan se-Jabodetabek. Para perkumpulan barongsai ini turut berpartisipasi dalam memeriahkan perayaan Sejiet Kongco Tek Tjeng Sin di Vinara Nimmala. Selain festival seni dan budaya, acara tersebut juga membawa misi sosial dengan mengadakan bakti sosial pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu. Pihak Vihara Nimmala menyediakan 10 tenaga medis dari Universitas Kedokteran Atmajaya.

"Kami berharap, perayaan ini bisa terus berlangsung meriah setiap tahunnya serta bisa menjadi daya tarik wisata budaya juga. Yang paling penting dalam acara ini adalah misi melestarikan kebudayaan nasional yang tentu ada unsure kebudayaan Tionghoa,” tandas Adrianto.(RANGGA ZULIANSYAH)

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill