Connect With Us

Distanak Belum Periksa Peternakan Babi

| Senin, 27 April 2009 | 18:12

TANGERANGNEWS- Sejumlah peternakan babi di Kota Tangerang, Banten, belum didatangi oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) hingga kemarin. Petugas baik dari provinsi maupun kabupaten dan kota, belum melakukan langkah antisipasi meski wabah flu babi terus memakan korban. “Sampai hari ini sih belum ada yang datang, nggak tau kalau besok-besok,” ungkap Kiking, 29, salah seorang peternak babi di kawasan Neglasari Kota Tangerang. Kiking mengaku sudah mendengar adanya penyakit tersebut. Namun dia dan rekan kerjanya tetap melakukan aktifitas seperti biasa tanpa rasa takut. Meski begitu, Kiking berharap diberi semacam penyuluhan agar bisa lebih tahu tentang flu babi. “Babi-babi di sini kelihatan sehat semua, tapi nggak tau deh dalemnya kayak gimana,” ujarnya hari ini. Setiap bulan menurut Kiking, hewan ternak yang dia pelihara diberi obat. Dirinya meyakini, obat semacam vaksin tersebut bisa membuat babi yang dipelihara tetap sehat. “Sudah hampir 10 tahun saya kerja di sini, belum pernah ada babi yang mati mendadak karena penyakit aneh. Paling-paling yang mati nggak wajar cuma kembung karena masuk angin doang,” katanya. Ada sekitar 30 peternakan babi milik warga di lokasi tersebut yang sudah beroperasi sejak tahun 1980. Masing-masing peternakan biasanya memelihara 150 hingga 180 ekor babi mulai dari anak-anak hingga dewasa. Babi di lokasi tersebut biasanya dipotong dan dipasarkan jika beratnya sudah mencapai 150 hingga 250 kg. Pembelinya adalah pengelola restoran dan warga khusus pengonsumsi babi. Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Distanak Provinsi Banten Irwan Efendi mengaku pihaknya belum melakukan pemeriksaan. Namun Irwan sudah melakukan koordinasi dengan Distanak di tingkat kabupaten dan kota untuk segera mendatangi peternakan babi. “Kami baru berencana akan mendatangi peternakan babi besok atau lusa. Kami akan menyemprotkan disinfektan untuk meminimalisir perkembangan virus dan mengambil sampel darah,” ungkap Irwan saat dihubungi. Irwan mengungkapkan, peternak yang melakukan kontak langsung dengan babi memiliki kemungkinan cukup tinggi terkena virus tersebut. Namun kemungkinan tersebut baru akan diketahui melalui uji laboratorium. “Hari ini kami juga melakukan koordinasi dengan karantina pelabuhan dan bandara untuk memperketat impor babi dari negara yang disinyalir bisa membawa virus tersebut,” katanya. (kon)
MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill