Connect With Us

Pentas Drama Jadi Cara Forum Anak Kota Tangerang Cegah Kekerasan Seksual

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 10 Desember 2022 | 13:49

Pentas drama tentang kekerasan seksual yang digelar Forum Anak Kota Tangerang (FAKT) di Gedung Seni Budaya, Jumat 9 Desember 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Forum Anak Kota Tangerang (FAKT) terus melakukan berbagai upaya mencegah kekerasan seksual terhadap anak, salah satunya melalui pentas drama.

Dalam Lakon Suara Anak (LAKSA) dengan judul "Amankan Kawan" yang digelar di Gedung Seni Budaya, pada Jumat 9 Desember 2022, menceritakan tentang seorang anak SMP yang menerima kekerasan seksual setiap dia pulang sekolah, hingga mempengaruhi kepercayaan dirinya.

"Akhirnya, itu merusak berkomunikasinya dengan teman-temannya," kata Ketua FAKT Alya Eka Khairunnisa.

Menurutnya melalui drama ini, akhirnya forum anak hadir untuk menunjukkan bahwa korban ini tidak sendirian dan berani untuk bersuara serta berani melawan.

Dari drama ini, ia berpesan masyarakat juga harus lebih menyadari bahwa kekerasan seksual itu nyata dan ada di sekitar. Kekerasan seksual juga banyak bentuknya dan harus dikenali baik anak-oleh anak, maupun orang dewasa. 

"Untuk masyarakat Kota Tangerang, khususnya anak-anak kita harus lebih peka dan sadar, bahwa kekerasan seksual itu banyak bentuknya," tegas Alya.

Kemudian, ketika menghadapi atau menjadi korban kekerasan seksual, anak bisa melakukan No-Go-Tell yaitu katakan tidak, pergi, dan laporkan.

"Dalam hal itu, Pemerintah Kota Tangerang juga memiliki P2TP2A sebagai pusat pendampingan korban maupun hukum," ujar Alya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2A) Kota Tangerang Dewi Amperawati juga mengimbau kepada masyarakat, jika melihat atau menjadi korban dari kekerasan seksual dapat melaporkan kepada DP3AP2KB, ataupun melalui satgas P2TP2A di setiap kecamatan atau kelurahan. 

Pendampingan baik hukum maupun psikologis akab berikan kepada korban dari awal hingga akhir.

"Jadi tak perlu ragu, laporkan langsung apabila melihat atau menjadi korban kekerasan seksual. Semua pendampingan gratis tidak dipungut biaya apapun," tutupnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill