Connect With Us

Mengenal Masjid Al Furqon Bandara Soetta Tangerang yang Mirip Katedral di Rusia

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 31 Maret 2023 | 11:44

Masjid Al Furqon di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Kelurahan Pajang, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebuah bangunan masjid megah dan unik berdiri di kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), tepatnya di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Kelurahan Pajang, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Bangunan itu ialah masjid Al Furqon atau juga dikenal dengan masjid Kubah Pelangi yang berfungsi sebagai sarana ibadah umat muslim di sekitar terminal kargo bandara Soekarno-Hatta.

Uniknya, masjid Al Furqon memiliki arsitektur yang tidak biasa dengan bentuk menyerupai bangunan khas Eropa Timur klasik.

Paduan warna yang ada di kubah masjid Al Furqon terinsirasi dari bangunan terkenal, yakni Katedral Santo Basil yang berada di Moskow, Rusia.

Bentuk kubahnya yang mengerucut dengan paduan berbagai warna membuat masjid berdiameter 32 x 36 meter hasil rancangan dari Haji Buyung ini terlihat mencolok seperti dilansir dari anugerahkubah.com, Jumat 31 Maret 2023.

Selain itu, masjid AL Furqon dilengkapi dengan empat kubah berwarna hijau dan kuning cerah yang berdiri di antara pepohonan rindang.

Tidak hanya disejajarkan dengan bangunan Katedral di Rusia, masjid Al Furqon seringkali disebut mirip dengan bangunan dari kisah terkenal negeri 1001 malam.

Sedangkan, arsitektur pada bagian dalamnya dihiasi dengan kaligrafi besar pada tiang penyangga dari masjid megah dua lantai tersebut.

Sentuhan khas Minang juga terlihat pada bagian empat menara, jendela, dan pintu kecil yang dirancang bergaya ala Melayu.

Lalu, langit-langit masjid terlukis bentangan awan sehingga makin membawa kesan megah pada bangunan masjid Al Furqon.

Meski bukan satu-satunya masjid di Bandara Soekarno-Hatta, tetapi masjid Al Furqon memiliki daya tarik tersendiri yang mengundang rasa penasaran orang-orang terhadap keunikan bangunannya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran"

NASIONAL
Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:14

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'.

PROPERTI
Gunakan Teknologi 3D Virtual, Paramount Land Raih Penghargaan Brand of The Year 2024

Gunakan Teknologi 3D Virtual, Paramount Land Raih Penghargaan Brand of The Year 2024

Sabtu, 16 Maret 2024 | 10:08

Paramount Land berhasil meraih penghargaan Merketeers OMNI Brand of The Year 2024 dalam kategori ’Digital Customer Experience’.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill