Connect With Us

Kecamatan Pinang Jadi Pilot Project Digital KTP

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 27 Maret 2011 | 18:01

| Dibaca : 40586

Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein saat meresmikan mobil KTP keliling. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS.com-Kecamatan Pinang, saat ini tengah menjadi pilot project (percontohan) system digital dalam pembuatan KK dan KTP di Kota Tangerang. Nantintya, sistem digital yang kini telah diterapkan di Kecamatan Pinang akan diterapkan juga kecamatan lain.
 
Menurut Camat Pinang Sachrudin,  sistem ini dilengkapi dengan komputerisasi  Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) on line dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) online. Dengan sistem ini masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukannya tidak akan terlalu lama menunggu karena sistem komputerisasi telah diterapkan mulai dari pendaftaran hingga entri data.

“Di kecamatan Pinang ini ada delapan loket dan petugas yang siap melayani masyarakat untuk pengurusan administasinya, biayanya gratis dan pengurusannya kurang lebih 10 menit bila adminstrasi kelengkapan tidak ada yang kurang,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya terus meningkatkan kesadaran warga dalam pengurusan kelengkapan adminstrasi, dengan menggallakkan strategi, salah satunya dengan melakukan sosialisasi disetiap agenda kemasyarakatan yang dilakukan setiap Kelurahan hingga kegiatan ditingkatan RW dan RT “ Hingga saat ini tercatat 141.810 jiwa warga yang tinggal di 442 RT dan 76 RW di Kecamatan Pinang,” pungkasnya.
 
Sachrudin menambahkan, dengan diterapkannya system digital yang berbarengan dengan diberlakukannya penggratisan KTP dan KK pada pertengahan Maret 2011 ini, antusiasme masyarakat meningkat drastic. Dalam sehari saja, pihak Kecamatan dapat menerima  200 berkas permohonan. 
 
“ Ini menujukkan kalau kesadaran masyarakat Kota Tangerang cukup tinggi. Palingsedikit dalam sehari 90 berkas, makanya kita sedikit kewalahan. Akan tetapi kita tetap konsisten untuk memberikan pelayanan prima,” katanya.(RAZ)
TOKOH
Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Kamis, 5 Januari 2023 | 13:58

TANGERANGNEWS.com-Warga Tangerang mungkin sudah tidak asing dengan Gedung Nyi Mas Melati maupun Jalan Nyi Mas Melati yang berada di Kelurahan Sukarasa, Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG
2 Orang Tewas dalam Kebakaran Kios Laundry di Karawaci Tangerang, Ditemukan di Kamar Mandi

2 Orang Tewas dalam Kebakaran Kios Laundry di Karawaci Tangerang, Ditemukan di Kamar Mandi

Sabtu, 28 Januari 2023 | 00:07

TANGERANGNEWS.com-Kebakaran kios laundry di Perumahan Pondok Arum, Blok A no 42, RT01/01, Kelurahan Nambo jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang mengakibatkan dua orang tewas, Jumat 27 Desember 2022.

BANDARA
Sempat Dinonaktifkan Gegara Pandemi, Autogate Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Kembali Dibuka

Sempat Dinonaktifkan Gegara Pandemi, Autogate Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Kembali Dibuka

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:39

TANGERANGNEWS.com-Sistem autogate di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang kembali digunakan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill