Connect With Us

Tangsel Ajukan Kerjasama Kelola Sampah dengan Kota Tangerang

Denny Bagus Irawan | Selasa, 3 Mei 2011 | 15:26

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Dianya bersama Wali Kota Tangerang Wahidin Halim. Pemkot Tangerang Selatan melakukan kunjungan ke pemerintah sekitar guna bekerjasama dalam pengelolaan sampah. (tangerangnews / dira)


 

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajukan kerjasama dalam hal pengelolaan sampah di TPA Rawa Kucing milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam pertemuannya dengan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim di Gedung Pemkot, Selasa (3/5).
 
Menurut Airin, saat ini Pemkot Tangsel belum memiliki Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah. Untuk itu Pemkot Tangsel bermaksud mengajukan kerjasama kepada Pemkot Tangerang untuk dapat mengelola sampah dilahan milik Pemkot.
 
"Kita membahas permasalahan yang terjadi diantara perbatasan Kota Tangerang dengan Kota Tangsel, salah satunya masalah pengelolaan sampah. Rencananya kita akan segera akan mengajukan draf kerjasama terkait pengelolaan sampah tersebut. Kami juga datang ke sini untuk mempelajari Perda yang ada di sini, guna mendapatkan gambaran untuk menerapkan Perda di Tangsel. Saya kira tidak ada salahnya belajar dari daerah sekitar," kata Airin.
 
Airin mengatakan, Pemkot Tangsel juga akan melakukan kajian-kajian terhadap beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan Pemkot Tangerang. "Kota Tangerang sudah memiliki Perda K3, maka kita akan kaji, siapa tau bisa diterapkan di Kota Tangsel," ucapnya.

 
Wali Kota Tangerang Wahidin Halim mengatakan, dirinya siap menjadi guru bagi pemerintahan di Kota Tangsel. Termasuk rencana pengelolaan sampah di Tangsel. "Kirim saja kepala dinas-nya ke sini. Sebulan saja sudah akan pintar kalau di sini," kata Wahidin melalui Kabag Humas Kota Tangerang, Maryoris Namaga.
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah mengatakan, bahwa kunjungan tersebut adalah kunjungan resmi antara kepala pemerintahan dalam hal silaturahmi. Memang diakui Arief, Wali Kota Tangsel mewacanakan tentang pengelolaan sampah bersama, namun ini masih dalam tahap wacana. "Ini masih wacana, kita tunggu saja dulu drafnya lalu kita kaji dahulu," imbuh Arif.
 
Saat ditanya terkait kapasitas TPA Rawa Kucing, Arif mengatakan bahwa awalnya TPA tersebut dipersiapkan untuk masyarakat Tangerang. "Sebenarnya kita juga sudah mempersiapkan pengelolaan sampah dalam beberapa versi, seperti pengelolaan sampah ditingkat awal masuk ke-TPS hingga masuk TPA. Ini merupakan salah satu upaya untuk menngurangi debit sampah yang masuk ke TPA," pungkasnya.(RAZ)

 

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill