Connect With Us

Cipondoh Jadi Pilot Project Kampung Hijau

| Minggu, 22 Mei 2011 | 17:07

Cipondoh Jadi Pilot Project Kampung Hijau, tampak Wakil Wakil Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup BPLH Kota Tangerang Roostiwie ke lokasi pengolahan limbah air rumah tangga (grey water) yang dilakukan di seloka (TANGERANGNEWS / RANGGA)


TANGERANG-Sebagai upaya peningkatan kualitas lingkungan Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggulirkan program Kampung Hijau.

 Program ini terintegrasi penuh, dimana didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat, seperti composting, penghijauan, tandon air hujan, bank sampah, pembuatan biogas, sumur resapan, serta biopori.

Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup BPLH Kota Tangerang Roostiwie mengatakan, lokasi yang menjadi pilot project atau proyek percontohan program Kampung Hijau adalah Komplek P & K, Kecamatan Cipondoh.

Di lokasi ini tengah dilaksanakan semua kegiatan yang termasuk dalam program hijau .

“Saat ini di Komplek P & K telah menerapkan bank sampah, warga sekitar dapat menjual sampah yang dimilikinya ke posko yang telah ditentukan.

Jadi, sampah akan memberikan nilai ekonomis bagi warga itu sendiri dan tidak mengotori lingkungan,” tuturnya, Minggu (22/5).


Dalam program itu. lanjut Roostiwie, juga terdapat pengolahan limbah air rumah tangga (grey water) yang dilakukan di selokan air lingkungan setempat.

Grey water sendiri merupakan
limbah rumah tangga non kakus yakni limbah yang berasal dari kamar mandi, dapur (sisa makanan) dan tempat cuci.

Setelah diolah, air yang melewati saluran air berikutnya menjadi lebih bersih dari bakteri-bakteri berbahaya.

Menurut Roostiwie, kedepannya program Kampung Hijau ini akan diterapkan disejumlah lokasi, seperti perumahan Bugel Indah Kecamatan Karawaci, perumahan Buana Permai kecamatan Cipondoh, perumahan Batu Ceper Indah kecamatan Batu Ceper, komplek perumahan Pengayoman kecamatan Tangerang, Perumnas I Kecamatan Cibodas serta Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane.

Selain BPLH, program Kampung Hijau sendiri melibatkan berbagai instansi terkait lainnya, seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) serta Dinas Pertanian. Masing-masing instansi tersebut memiliki program unggulan dalam upaya mensukseskan progam Kampung Hijau tersebut.

 “Seperti DKP, mereka mengembangkan kegiatan pengolahan enceng gondok menjadi biogas, termasuk penanaman pohon-pohon penghijauan yang berada di ruas-ruas jalan. Sementara DPU turut melakukan perawatan saluran air sehingga tidak menimbulkan banjir,” kata Roostiwie.(RAZ)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill