Connect With Us

Perayaan Pecun Semarakan Festival Cisadane 2011

| Rabu, 25 Mei 2011 | 18:41

Tari Lenggang Cisadane ( / )

 
TANGERANG-Festival Cisadane yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dispodbudpar) Kota Tangerang pada 4-12 Juni 2011 akan disemarakkan dengan Perayaan Pecun yang merupakan salah satu budaya Tionghoa.
 
Humas panitia pecun dari Vihara Boen Tek Bio, Oey Tjin Eng mengatakan, perayaan pecun ini akan dilangsungkan mulai tanggal 4-6 Juni ini, akan diikuti dengan rangkaian agenda festival lainnya. Saat ini, persiapan perayaan Pecun sudah hampir rampung. “Persiapannya sudah hampir 80 persen, tinggal finishing saja,” katanya. 

Tjin Eng menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan dalam acara tersebut dianataranya adalah lomba dayung perahu naga dan diakhiri dengan perayaan puncak yaitu persembayangan Twan Yang dan pelepasan bebek. “Untuk tanggal 4 dan 5 ini untuk lomba perahu naga, sedangkan tanggal 6 dikhususkan untuk sembahyang. Lokasinya dibagi dua yaitu di sepanjang Jalan Kali Pasir, dan Jalan Benteng. Untuk persembahyangan akan dilakukan di Jalan Benteng pada pukul  11.00 -13.00 WIB,” terangnya.

Selain dua acara ritual ini, lanjut dia, perayaan pecun juga akan diisi dengan beberapa kesenian Tiong Hoa, seperti Barongsai dan Liong, Rampak Tabur serta penampilan gambang kromong dan nanfeng. Usai persembahyangan Twan Yang, umat akan melakukan ritual buang sial yaitu dengan melepas bebek kesungai cisadane. “Dengan dilepaskannya bebek-bebek itu dari sangkar, diharapkan membuat hidup orang yang melepasnya terbebas dari kesialan, serta dapat melanjutkan kehidupan dengan damai dan tentram,” kata Tjin Eng.

Ritual lomba dayung  perahu naga dikatakan Tjin Eng juga ritual wajib dalam perayaan pecun, pasalnya pecun tersendiri  memiliki arti mendayung perahu. Nantinya panitia akan menyediakan 4 perahu untuk perlombaan, yaitu 2 perahu papak dan 2 perahu naga, 4 perahu ini akan digunakan secara bergantian oleh 20 regu yang ikut perlombaan.(RAZ)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill