Connect With Us

Pernah Kena Pajak, Uang Pengungsi Situ Gintung Dikembalikan

Denny Bagus Irawan | Minggu, 10 Mei 2009 | 13:29

Situ Gintung di Ciputat, Kota Tangsel Jebol. (Denny Bagoes Irawan / TangerangNews)

Pernah Kena Pajak, Uang Pengungsi Situ Gintung Dikembalikan TANGERANGNEWS- Dana bantuan untuk mengontrak bagi korban jebolnya Situ Gintung di Kelurhan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan pernah dipotong pajak sekitar 10% dari Rp6 juta.

 

Kini, Pemkot Tangerang Selatan mengembalikan dana sebesar Rp600 ribu, itu. Kepala Sub Bantuan Kesehatan dan Air Bersih Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sinardi mengatakan, sebelumnya, sebanyak 124 kepala keluarga (KK) dari jumlah pengungsi sebanyak 295 KK pada Kamis (30/4) lalu mendapat bantuan uang tunai sebanyak Rp6 juta per KK untuk biaya mengontrak selama satu tahun. Bantuan yang itu bertujuan untuk meringankan beban para korban Situ Gintung yang tidak mendapatkan hunian sementara atau tidak tinggal di lokasi pengungsian Wisma Kerta Mukti 1 dan 2.Namun, bantuan yang berasal dari BNPB tersebut dipotong dengan alasan pada surat tersebut ditertera , pemberian bantuan tersebut harus dipungut pajak penghasilan sebesaar 10 persen untuk sewa rumah.

 

“Setelah dikaji kembali ternyata tidak untuk bantuan korban bencana alam tidak berlaku,” katanya. Dengan demikian total bantuan yang diberikan BNPB kepada 124 KK itu sebesar Rp744 juta. Pemkot Tangerang Selatan membenarkan pihaknya telah mengembalikan uang bantuan potongan pajak terebut ke para pengungsi. ”Benar kita baru saja menyerahkan dana bantuan yang sempat terkena potongan pajak” ucap Wali Kota Tangerang Selatan Shaleh MT.

 

Dijelaskannya, bahwa Pemkot Tangsel hanya sebagai fasilitator dalam memberikan bantuan tersebut. Namun, setelah adanya surat dari Kantor Pelayanan Pajak Serpong No. S-03/WPJ.08/KP.0310/2009 tanggal 01 Mei 2009, bahwa sumbangan kepada korban Situ Gintung tidak terutang Pajak Penghasilan. “Atas dasar surat itulah, akhirnya potongan pajak dikembalikan kepada para korban,” ucapnya. (den)

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

TANGSEL
300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

Kamis, 25 April 2024 | 21:01

Sebanyak 300 anak kurang mampu di Kota Tangerang Selatan dapatkan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill