Connect With Us

Gaji Disunat, Satpam Pemkot Protes

| Kamis, 27 Oktober 2011 | 21:19

Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. (tangerangnews / dira)

 
 
 
TANGERANG -Sedikitnya, 54 tenaga keamanan (satpam) di lingkungan pusat pemeritahan (Puspem) Kota Tangerang keluhkan pemotongan gaji mereka hingga Rp240 ribu perbulannya sejak belasan bulan belakangan, oleh perusahaan jasa keamanan yang menaungi mereka. Lantaran hal itu, para satpam ini meminta agar Pemkot Tangerang bertindak.

Anto ,38, salah satu satpam mengatakan, sejak bekerja di bawah naungan PT Tugu Oetama Persada, per tahun 2010 lalu, pihaknya mengaku tidak pernah mendapatkan gaji utuh. Sebab, jika dalam kontrak ditatapkan gaji yang akan diterimanya sesuai dengan SK Gubernur Banten tentang Upah Minimim Kota (UMK), hal tersebut tidak dirasakannya.

“Saat 2010, UMK Kota Tangerang Rp1,130 juta. Namun gaji yang kami terima tak lebih dari Rp900 ribu. Adapun pada 2011, UMK Kota Tangerang yang sudah bertambah sesuai dengan SK Gubernur yakni Rp1,29 juta, gaji yang saya terima hanya naik jadi Rp950 ribu,” keluh Anto kepada sejumlah wartawan, hari ini.

Menurut Anto, lantaran tak kunjung ada penyesuaian gaji sebagaimana kesepakatan kontrak, pihaknya yang mewakili satpam lainnya di lingkup Puspem Kota Tangerang kemudian melakukan kroscek ke Bagian Umum Setda Tangerang. Benar saja, katanya, dari klausul kerjasama yang dibuat Pemkot Tangerang dengan PT Tugu Oetama Persada tertuang peruntukan gaji, yakni Rp1,49 juta per satpam.

Bahkan, lebih lanjut Anton menerangkan, pihaknya lebih kaget lagi, bahwa gaji dirinya dan satpam lainnya seharusnya bukan hanya sekedar sesuai UMK. Namun per bulannya, harusnya digaji Rp1,49 juta.

“Belum lagi tunjangan kesehatan Rp53 ribu yang tidak pernah dibayarkan. Plus uang tunjangan hari raya (THR) yang harusnya Rp625 ribu, kenyataannya hanya dibayarkan Rp450 ribu saat lebaran lalu. Jelas kami dirugikan oleh perusahaan. Mereka memotong hak kami sepihak. Harusnya hal ini disikapi oleh Pemkot juga, karena ada proses penipuan dalam kasus pemotongan hak-hak kami,” tandasnya.
Iwan, salah satu penanggung jawab jasa usaha PT Tugu Oetama Persada saat dihubungi belum bisa memberikan keterangan apapun. Sebab, berkali-kali coba dikonfirmasi wartawan, telepon genggam yang bersangkutan terus dalam keadaan sibuk.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Saeroji mengatakan, pihaknya sudah mendengar adanya keluhan yang tejadi dilingkungan para Satpam. Makanya, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggelar dengar pedapat dengan para satpam di lingkungan Puspem Kota Tangerang. “Kami akan coba hearing (dengar pendapat, red) dulu dengan para satpam. Keterangan yang kami dapat mereka bisa jadi acuan kami saat memanggil pihak pengelola jasanya,” singkatnya. (DRA)
 
 

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill