Connect With Us

Dinas Pertanian Kota Tangerang Belum Lakukan Penyemprotan Tomcat

| Selasa, 27 Maret 2012 | 16:01

Kepala Dinas Pertanian Kota Tangerang Ika Kartika ( / )

TANGERANG-Meski sudah ada korban serangan serangga tomcat, Dinas Pertanian Kota Tangerang belum melakukan penyemprotan pestisida. Pasalnya, serangan tomcat tersebut belum sampai tahap yang membahayakan.
 
"Sampai saat ini kita belum menemukan populasi tomcat di lingkungan warga. Jadi kami rasa belum perlu melakukan penyemprotan karena masih bisa ditangani perorangan," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Tangerang Ika Kartika, Selasa (27/3).
 
Menurut Ika, tomcat sebenarnya sangat bagus bagi pertanian karena serangga tersebut adalah musuh hama wereng di sawar. Kalau sampai menyerang warga perumahan, diduga karena habitatnya terusik. "Munkin serangga tomcat mencari tempat baru untuk berlindung. Tapi kalalu pindah ke komplek perumahan memang dapat menganggu masyarakat," ungkapnya.
 
Namun Dinas Pertanian sudah memberikan surat edaran ke Kelurahan dan Kecamatan di Kota Tangerag perihal kewaspadaan terhadap populasi tomcat. Surat edaran tersebut diberikan pada Senin (26/3) kemarin. "Kita telah umunkan bagaiana cara menangani serangan tomcat. Selain itu kita juga koordinasi dengan Dinas Kesehahatan untuk menyediakan obat salep guna mengobati efek racun tomcat. Obatnya gratis di puskesmas," tambah Ika.
 
Ika menghimbau agar warga tidak perlua khawatir dengan serangga tomcat. Menurutnya, populasi tomcat di Kota Tangerang sedikit karena minimnya lahan pertanian. "Populasinya tidak terlalu tinggi. Efek racunnya juga tidak membahayakan, hanya kemerahan dan seperti terbakar. Cukup diobati dengan salep sudah sembuh," tukasnya.(RAZ)
TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill