Connect With Us

4 Pemda Belajar WTP Ke Pemkot Tangerang

| Kamis, 5 April 2012 | 17:54

| Dibaca : 436

TANGERANG-Keberhasilan Pemerintah Kota Tangerang meraih empat kali penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPKRI atas laporan keuangan membuat daerah lain tertarik untuk melakukan studi banding.  Kali ini rombongan dari DPRD Kabupaten Tanah Datar, DPRD Kota Palu, DPRD Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Banjar mengunjungi Pemkot Tangerang, Kamis (5/4).
 
Rombongan ini diterima langsung oleh pejabat Pemkot Tangerang yang dipimpin Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) H Aan M Ikbal di Ruang Akhlaqul Karimah Gedung Puspem.
 
Aan menjelaskan, untuk meraih penghargaan opini WTP dari BPKRI atas Laporan Keuangan Daerah, pemerintah daerah harus memenuhi empat kriteria pencapaiannya yang dipersyarat diantaranya penyusunan laporan keuangan daerah yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektifitas pengendalian intern serta  catatan atas laporan keuangan harus mudah dipahami oleh stakeholder.
 
"Untuk kriteria pertama dan keempat mungkin banyak pemerintahan yang bisa, namun untuk kriteria kedua dan ketiga diperlukan komitmen kuat pimpinan daerah bersama jajarannya," katanya.
 
Untuk di Kota Tangerang sendiri, kata Aan, penguatan kriteria kedua dan ketiga telah dilakukan secara optimalisasi dengan peran inspektorat untuk melakukan pengendalian dan pengawasan sehingga kesalahan-kesalahan penyajian laporan keuangan bisa diantisipasi secara dini. "Alhamdulillah dengan cara-cara tersebut Pemkot Tangerang berhasil meraih penghargaan WTP hingga 4 kali berturut-turut," ujar H Aan.(RAZ)

AYO! TANGERANG CERDAS
Mengenal SMP Negeri 2 Solear Tangerang, Sekolah Sehat Terbaik Tingkat Nasional

Mengenal SMP Negeri 2 Solear Tangerang, Sekolah Sehat Terbaik Tingkat Nasional

Selasa, 24 Mei 2016 | 17:00

TANGERANG- Tim penilai yang berasal dari Kementerian Pendidikan RI tersebut dipimpin langsung Faisal Saleh pada Selasa (24/05/2016) dengan rombongan mendatangi sekolah sehat tingkat nasional yakni SMP Negeri 2 Solear Kabupaten Tangerang.

BANDARA
2 WN Tiongkok Selundupkan Burung dalam Celana di Soetta

2 WN Tiongkok Selundupkan Burung dalam Celana di Soetta

Kamis, 26 Mei 2016 | 16:33

Aksi tersebut terungkap saat keduanya yang menumpang pesawat Garuda Indonesia dari Cina tiba di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta, pada Selasa, 3 Mei 2016.

BISNIS
Butuh Tukang, FindTukang Saja!

Butuh Tukang, FindTukang Saja!

Senin, 23 Mei 2016 | 13:15

"Dizaman era digital ini, semua orang ingin semua jasa didatangkan ke konsumen, praktis semua harus mobile," jelas CEO FindTukang , Nope Lavanda.

BANTEN
Dor! Warga Pandeglang Terkapar Ditembak di tempat Hiburan Malam

Dor! Warga Pandeglang Terkapar Ditembak di tempat Hiburan Malam

Sabtu, 7 Mei 2016 | 08:00

TANGERANG- Ade Dermawan,35, pria asal Pandeglang, Kampung Kajuhafa RT 05/01, Kelurahan Babakan Lor, Kecamatan Cikadal, Pandeglang, Banten ditembak disebuah tempat hiburan malam. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (6/5/2016) sekitar pukul 01.00 WIB di loka

"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu - satunya yang benar - benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."

- R.A. Kartini -