Connect With Us

4 Pemda Belajar WTP Ke Pemkot Tangerang

| Kamis, 5 April 2012 | 17:54

| Dibaca : 563

TANGERANG-Keberhasilan Pemerintah Kota Tangerang meraih empat kali penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPKRI atas laporan keuangan membuat daerah lain tertarik untuk melakukan studi banding.  Kali ini rombongan dari DPRD Kabupaten Tanah Datar, DPRD Kota Palu, DPRD Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Banjar mengunjungi Pemkot Tangerang, Kamis (5/4).
 
Rombongan ini diterima langsung oleh pejabat Pemkot Tangerang yang dipimpin Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) H Aan M Ikbal di Ruang Akhlaqul Karimah Gedung Puspem.
 
Aan menjelaskan, untuk meraih penghargaan opini WTP dari BPKRI atas Laporan Keuangan Daerah, pemerintah daerah harus memenuhi empat kriteria pencapaiannya yang dipersyarat diantaranya penyusunan laporan keuangan daerah yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektifitas pengendalian intern serta  catatan atas laporan keuangan harus mudah dipahami oleh stakeholder.
 
"Untuk kriteria pertama dan keempat mungkin banyak pemerintahan yang bisa, namun untuk kriteria kedua dan ketiga diperlukan komitmen kuat pimpinan daerah bersama jajarannya," katanya.
 
Untuk di Kota Tangerang sendiri, kata Aan, penguatan kriteria kedua dan ketiga telah dilakukan secara optimalisasi dengan peran inspektorat untuk melakukan pengendalian dan pengawasan sehingga kesalahan-kesalahan penyajian laporan keuangan bisa diantisipasi secara dini. "Alhamdulillah dengan cara-cara tersebut Pemkot Tangerang berhasil meraih penghargaan WTP hingga 4 kali berturut-turut," ujar H Aan.(RAZ)

BISNIS
Apple Bangun Pusat Riset di The Breeze BSD

Apple Bangun Pusat Riset di The Breeze BSD

Kamis, 30 Maret 2017 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Apple membangun pusat riset di Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari persyaratan Pemerintah yang mewajibkan untuk pemasaran iPhone di Indonesia.

BANTEN
Dukung Integrasi Tol Jakarta-Tangerang-Merak, Astra Infra Toll Road Tingkatkan Layanan

Dukung Integrasi Tol Jakarta-Tangerang-Merak, Astra Infra Toll Road Tingkatkan Layanan

Rabu, 26 April 2017 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Sebagai bentuk peningkatan pelayanan di bidang transaksi danuntuk mengurangi antrean menuju Gerbang Tol Karang Tengah, mulai tanggal 9 April 2017 akan diberlakukan integrasi sistem transaksi Ruas Tol Jakarta–Tangerang (segmen Simpang Sus

KAB. TANGERANG
Bupati Tangerang: Pendidikan Pilar Pokok Bangsa

Bupati Tangerang: Pendidikan Pilar Pokok Bangsa

Kamis, 27 April 2017 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar mengatakan pendidikan merupakan pilar pokok bangsa dan faktor utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena menurutnya pendidikan merupakan wahana strategis untuk mempersiapkan sumber daya m

WISATA
Jaletreng Riverside, Tempat Nongkrong dan Santai di Tangsel

Jaletreng Riverside, Tempat Nongkrong dan Santai di Tangsel

Sabtu, 8 April 2017 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Warga Tangsel dan sekitarnya yang membutuhkan ruang terbuka hijau untuk bersantai bersama keluarga, teman atau pasangan, kini tidak perlu mencari tempat yang jauh dari Kota Tangsel. Cukup datang ke Taman Kota 2 BSD, yang berlokasi di j

"Jangan pernah ragu dengan potensi yang ada dalam diri kita. Cobalah lihat kupu-kupu, seandainya saja dia memiliki keraguan, maka dia akan hidup dan mati sebagai seekor ulat bulu yang hanya bisa merangkak."

Larispique Philidor