Connect With Us

4 Pemda Belajar WTP Ke Pemkot Tangerang

| Kamis, 5 April 2012 | 17:54

| Dibaca : 560

TANGERANG-Keberhasilan Pemerintah Kota Tangerang meraih empat kali penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPKRI atas laporan keuangan membuat daerah lain tertarik untuk melakukan studi banding.  Kali ini rombongan dari DPRD Kabupaten Tanah Datar, DPRD Kota Palu, DPRD Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Banjar mengunjungi Pemkot Tangerang, Kamis (5/4).
 
Rombongan ini diterima langsung oleh pejabat Pemkot Tangerang yang dipimpin Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) H Aan M Ikbal di Ruang Akhlaqul Karimah Gedung Puspem.
 
Aan menjelaskan, untuk meraih penghargaan opini WTP dari BPKRI atas Laporan Keuangan Daerah, pemerintah daerah harus memenuhi empat kriteria pencapaiannya yang dipersyarat diantaranya penyusunan laporan keuangan daerah yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektifitas pengendalian intern serta  catatan atas laporan keuangan harus mudah dipahami oleh stakeholder.
 
"Untuk kriteria pertama dan keempat mungkin banyak pemerintahan yang bisa, namun untuk kriteria kedua dan ketiga diperlukan komitmen kuat pimpinan daerah bersama jajarannya," katanya.
 
Untuk di Kota Tangerang sendiri, kata Aan, penguatan kriteria kedua dan ketiga telah dilakukan secara optimalisasi dengan peran inspektorat untuk melakukan pengendalian dan pengawasan sehingga kesalahan-kesalahan penyajian laporan keuangan bisa diantisipasi secara dini. "Alhamdulillah dengan cara-cara tersebut Pemkot Tangerang berhasil meraih penghargaan WTP hingga 4 kali berturut-turut," ujar H Aan.(RAZ)

SPORT
Red Bull Luncurkan RB13,Bidik Kembali Singasana F1

Red Bull Luncurkan RB13,Bidik Kembali Singasana F1

Senin, 27 Februari 2017 | 08:15

Red Bull merilis mobil terbarunya untuk musim 2017. Diberi nama RB13, jet darat itu ditargetkan bisa menandingi Mercedes dan merebut kembali singasana balapan F1.

KOTA TANGERANG
Tawuran Suporter Bola Pecah di Gang Pentil Tangerang, 1 Tewas

Tawuran Suporter Bola Pecah di Gang Pentil Tangerang, 1 Tewas

Minggu, 26 Maret 2017 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Satu orang tewas dalam tawuran antar kelompok massa di KH Hasyim Azhari, depan Gang Pentil, Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu (26/3/2017) malam.

BISNIS
Konsumen Alfamart : Aneh Kok Perseroan Minta Sumbangan

Konsumen Alfamart : Aneh Kok Perseroan Minta Sumbangan

Rabu, 8 Maret 2017 | 13:00

TANGERANGNews.com- Mustolih Siradj konsumen Alfamart yang kini digugat PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menjelaskan kenapa dirinya mempertanyakan donasi yang dipungut perusahaan tersebut.

WISATA
Istana Nelayan, Restoran dengan Konsep Edukasi Alam di Tangerang

Istana Nelayan, Restoran dengan Konsep Edukasi Alam di Tangerang

Rabu, 15 Februari 2017 | 08:00

TANGERANGNews.com-Kota metropolitan seperti Tangerang saat ini sudah kekurangan ruang terbuka sebagai sarana rekreasi. Namun keterbatasan itu dimanfaatkan Istana Nelayan Resto & Cafe yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Kebon Nanas, Kota Tangerang, deng

"Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, sedangkan seorang optimistis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Sir Winston Churchill