Connect With Us

Zakat Fitrah Kota Tangerang Rp25 Ribu

| Rabu, 18 Juli 2012 | 17:22

Gedung MUI Kota Tangerang (tangerangnews / rangga)

 
 
TANGERANG -Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Tangerang menetapkan biaya zakat fitrah tahun 2012 ini sebesar Rp25 ribu, atau setara dengan 3,5 liter beras kualitas baik dengan rata-rata per liternya Rp7 ribu. Demikian ditegaskan Ketua Bazda Kota Tangarang Syaiful Millah, Rabu (18/7).
 
Menurut Syaiful, Bazda Kota Tangerang sudah menargetkan sebanyak 500 orang muzakki (pemeberi zakat) untuk menutupi kebutuhan sebanyak 15 persen dari 1,8 penduduk Kota Tangerang yang berhak menerima zakat fitrah. “Untuk penghimpunan zakat ini kami sudah sebarkan tim hingga ke tingkat RT dan RW,” katanya.
 
Masih kata Syaiful, ketentuan soal jumlah zakat fitrah sudah diukur dari nilai beras dan juga nilai rata-rata penggunaan beras yang di Kota Tangerang. Yakni, kualitas baik dengan kisaran harga antara Rp7 ribu hingga Rp8 ribu.
 
“Untuk memastikan ketetapan dan pemerataan, kami menggunakan harga Rp7 ribu untuk zakat. Sehingga, dengan kewajiban 3,5 liter zakat, maka didapati angka Rp25 ribu zakat yang wajib dikeluarkan warga Kota Tangerang,” tambahnya.
 
Dengan kewajiban zakat fitrah seberar Rp25 ribu dan target muzakki sebanyak 500 ribu orang, pihaknya meyakini bahwa tahun 2012 ini akan terhimpun dana tak kurang Rp12,5 miliar yang akan dialokasikan kepada 270 ribu orang yang berhak. “Nantinya, tim di RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan akan bergerak untuk memenuhi target ini. Harapan kami targetnya terpenuhi,” tuntasnya.
 
Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang KH. Edi Djunaedi mengatakan, pihaknya berharap masyarakat bisa membantu Bazda dalam mengeluarkan zakat fitrahnya. Sebab, dengan dikeluarkannya zakat fitrah ini, selain membersihkan diri, juga dapat membantu orang-orang yang berhak menerima zakat untuk mengurangi beban kebutuhannya.
 
“Harapan kami juga Bazda bekerja serius dan benar-benar menyalurkan zakat fitrah ini kepada orang-orang yang tepat. Sehingga, tujuan alokasi zakat ini benar-benar membantu mereka yang mebutuhkan, dan tidak salah sasaran,” imbuhnya. (KUN)

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill