Connect With Us

Sambut Ramadhan, Warga Babakan Gelar Ritual Keramas

| Kamis, 19 Juli 2012 | 17:20

Mandi Cisadane. (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Ratusan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, melakukan ritual keramas di Sungai Cisadane yang terletak di pinggir Jalan Kali Pasir, Kamis (19/7). Ritual yang merupakan tradisi turun-temurun warga setempat itu diikuti anak-anak sampai orang dewasa.
 
 Menurut Panitia pelaksana kegiatan, Azano Ranggito mengatakan, tujuan ritual keramas ini dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan dan mensucikan diri. Ritual ini sudah dilakukan warga asli kampung Babakan secara turun temurun pada sore hari menjelang puasa.

“Kegiatan ini sudah jadi tradisi dari orang tua kita dulu. Setiap menjelang Ramadhan pasti mandi keramas di Sungai Cisadane. Saat ini, kegiatan ini menjadi agenda tahunan. Kita targetkan 550 warga yang ikut mandi keramas,” katanya.

Selain itu, lanjut Azano, ritual mandi keramas juga sebagai pesan kepada Pemerintah Kota Tangerang dan para pengusaha bahwa Sungai Cisadane masih dimanfaatkan dan menjadi sumber kehidupan oleh masyarakat.

“Untuk itu, kita minta Pemerintah menjaga dan melestarikan Sungai CIsadane. Para pengusaha juga kita minta jangan membuang limbah,” pungkasnya. 

Asti, warga RT 02/02, Kelurahan Babakan, mengatakan, dirinya ikut berpartisipasi bersama warga lain untuk melestarikan tradisi mandi keramas. “Saya tiap tahun ikut, untuk kebersamaan dan melestarikan tradisi juga,” paparnya. (RAZ)

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill