Connect With Us

Ratusan Santri Ikuti Pelatihan Baca Kitab Kuning di Festival Al Azhom

| Kamis, 22 November 2012 | 20:33

Lomba mewarnai Festival Al-Azhom 2 ( / rangga)

 
Reporter : Rangga A Zuliansyah
 
TANGERANG-Sebanyak 100 santri dari pondok pesantren se-Kota Tangerang mengikuti pelatihan metode amtsilati atau cara cepat membaca kitab kuning, Kamis (22/11). Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kualitas santri di Kota Tangerang dalam membaca kitab kuning.
 
Ketua Pelaksana Festival Al Azhom Romi Abidin mengatakan, pelatihan dilakukan langsung oleh KH Taufiqul Haki, Pengasuh Ponpes Darul Falah Jepara, Jawa Tengah, yang juga penemu metode amtsilati. “KH Taufiqul Haki mengajari langsung 100 santri dan perwakilan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) di Kota Tangerang,” ujarnya.
 
Romi menambahkan, tujuan digelarnya pelatihan tersebut karena saat ini sudah jarang sekali ditemukan pembelajaran kitab kuning bagi santri pondok pesantren. Ketika digelar, kata dia, ternyata banyak peserta yang antusias mengikuti.
 
“Pelatihan ini juga mempermudah mereka mempelajari kitab kuning. Jadi tidak perlu belajar ke Jepara. Selain itu, nantinya para santri di pondok pesantren dapat melestarikan kitab Kuning dan dipahami serta diaplikasikan di masyarakat,” ujarnya.
 
Selain pelatihan amstilati, lanjut Romi, hari ini juga digelar lomba hadroh yang diikuti sebanyak 33 tim berasal dari wilayah Jabodetabek. Lomba ini digelar selama dua hari, hingga Jumat (23/11) besok. “Total hadiah yang disiapkan untuk juara 1, 1 dam 3 adalah Rp 5 juta rupiah,” paparnya.
 
 
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill