Connect With Us

KPUD Tegaskan Cara Milih di TPS Bandara

| Selasa, 24 Februari 2009 | 17:21

TANGERANGNEWS-KPUD Kota Tangerang menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. TPS umum itu, dimaksudkan untuk
memudahkan masyarakat menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu yang akan digelar pada 9 April 2009.

Menurut Ketua KPUD Kota Tangerang Imron Khamami TPS tersebut tidak dibuat khusus. Artinya, TPS tersebut juga digunakan oleh masyarakat sekitar bandara itu. “Jangan salah, TPS itu bukan TPS khusus. Itu TPS biasa, tidak ada kelebihannya hanya letaknya berada di area bandara,” tuturnya Selasa (24/02)

Tujuan membangun TPS di bandara tersebut adalah memudahkan pemilih menggunakan hak suaranya. Namun, tidak seperti tahun sebelumnya, seorang pemilih hanya tinggal membawa KTP atau kartu identitas saja sudah cukup untuk memilih di TPS bandara itu. Pada tahun ini, sesuai dengan Peraturan KPU No.03/2009 sebagai pengganti peraturan KPU No.35/2008. “ Disitu tertulis, bahwa setiap pemilih bisa memilih di TPS mana saja, asalkan tiga hari sebelumnya telah melaporkan akan memilihh di TPS mana kepada KPU, PPS dan PPK,” jelas  Imron. 

Setelah nanti melapor, pemilih akan mendapatkan formulir A5 atau surat keterangan untuk memilih. Dengan keluarnya A5, mala nama si pemilih secara otomatis tidak akan bisa memilih di TPS awal. “Di dalam daftar pemilih di TPS semula juga sudah dicoret dengan keterangan pindah memilih,” ucapnya.

Bagaimana jika si pemilih adalah warga luar Jakarta dan Banten, Imran menjelaskan permasalah itu tetap berlaku bagi semua calon pemilih yang mau pindah TPS. Meski begitu, Imron mengatakan, tidak bisa semudah itu mendapatkan formulir A5. “Perlu keterangan dari dokter jika sakit, perlu keterangan dari tempat dirinya bekerja jika bertugas. Jadi tidak bisa sembarang orang bisa pindah TPS,” tuturnya.

Imran mengatakan, pihaknya akan menyiapkan 10 TPS yang tersebar di terminal domestik dan terminal khusus penumpang mancanegara. Namun, kemungkinan penempatan TPS untuk di terminal domestik akan lebih banyak di banding di terminal penerbangan luar negeri.(den)

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill