Connect With Us

KPU : Pilkada Kota Tangerang Sepi Pemantau Independen

| Kamis, 18 April 2013 | 17:24

| Dibaca : 635

Kantor KPU Kota Tangerang. (tangerangnews / deddy)

 
TANGERANG-Meski memanas, pendaftaran pemantau independen Pilkada Kota Tangerang 2013 yang dibuka sejak 15 April lalu sepi peminat.  Padahal pendaftaran akan ditutup Jumat (19/4) besok, tetapi belum ada satupun yang mendaftar.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain, Kamis (18/3). Menurutnya, pendaftaran untuk pemantau independen itu dibuka hanya untuk melengkapi Peraturan KPU No.64/2009 tentang Pemantau dan Tata Cara Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. "Tapi sampai sekarang belum ada yang daftar," katanya.

Namun, menurut Syafril, walaupun tidak ada pendaftar, pengawasan Pilwalkot akan tetap berjalan. "Sebab, fungsi pengawasan dijalankan oleh lembaga resmi yakni, Panwaslu," ujarnya.

Mantan Ketua Panwaslu Kota Tangerang ini menjelaskan syarat menjadi pemantau independen itu di antaranya, memiliki sumber dana internal, tidak dari pihak asing, memiliki akte pendirian organisasi dan bersedia memberikan laporan secara terbuka kepada KPU, Panwaslu serta pihak terkait yang terlibat dalam Pilwalkot Tangerang ini.

Sementara, menurut Pakar Hukum dan Ketatanegaraan Tangerang Ray Rangkuti, pemantau independen sangat penting untuk mewakili masyarakat dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang.

"Pemilu dalam level apapun, baru dapat membuahkan hasil yang diterima rakyat, jika betul-betul dilaksanakan dengan prinsip langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil. Untuk itu, pemantau independen berguna untuk menjaga transparansi pelaksanaannya," tukas Direktur Lingkar Madani Indonesai itu .(RAZ)
 
HIBURAN
Pesinetron & Penyanyi Dangdut jadi Tersangka Penggelapan Mobil Rental

Pesinetron & Penyanyi Dangdut jadi Tersangka Penggelapan Mobil Rental

Rabu, 25 Mei 2016 | 18:48

TANGERANG- Polresta Depok mengungkap kasus penipuan puluhan mobil rental di Bojonggede. Dua dari tiga tersangka berhasil ditangkap polisi. Keduanya merupakan seniman layar kaca.

KAB. TANGERANG
Dibawah Umur, Pembunuh Enno Dapat Perlakuan Khusus

Dibawah Umur, Pembunuh Enno Dapat Perlakuan Khusus

Jumat, 27 Mei 2016 | 15:17

TANGERANG-Rahmat Alim, 16, salah satu pembunuh Enno Parihah, mendapat perlakuan khusus dalam pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Tangerang, karena masih berstatus di bawah umur.

BANDARA
Penumpang Garuda Indonesia Dilaporkan Atas Pelecehan kepada Pramugari

Penumpang Garuda Indonesia Dilaporkan Atas Pelecehan kepada Pramugari

Sabtu, 28 Mei 2016 | 11:49

Peristiwa tersebut terjadi dalam penerbangan GA 216 rute Jakarta-Yogyakarta pada Rabu (25/5/2016) lalu.

KOTA TANGERANG
Permudah Pencari Kerja, Pemkot Tangerang Terapkan SMS Gateway

Permudah Pencari Kerja, Pemkot Tangerang Terapkan SMS Gateway

Selasa, 24 Mei 2016 | 19:00

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang terus mengembangkan berbagai inovasi untuk pelayanan masyarakat, termasuk dalam bidang tenaga kerja. Dengan mengusung konsep smart city, Pemkot Tangerang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) meluncurkan program SMS G

"Seseorang yang tak pernah membuat satu kesalahan, maka tak pernah mencoba sesuatu yang baru. "

Albert Einstein