Connect With Us

KPU : Pilkada Kota Tangerang Sepi Pemantau Independen

| Kamis, 18 April 2013 | 17:24

| Dibaca : 924

Kantor KPU Kota Tangerang. (tangerangnews / deddy)

 
TANGERANG-Meski memanas, pendaftaran pemantau independen Pilkada Kota Tangerang 2013 yang dibuka sejak 15 April lalu sepi peminat.  Padahal pendaftaran akan ditutup Jumat (19/4) besok, tetapi belum ada satupun yang mendaftar.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain, Kamis (18/3). Menurutnya, pendaftaran untuk pemantau independen itu dibuka hanya untuk melengkapi Peraturan KPU No.64/2009 tentang Pemantau dan Tata Cara Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. "Tapi sampai sekarang belum ada yang daftar," katanya.

Namun, menurut Syafril, walaupun tidak ada pendaftar, pengawasan Pilwalkot akan tetap berjalan. "Sebab, fungsi pengawasan dijalankan oleh lembaga resmi yakni, Panwaslu," ujarnya.

Mantan Ketua Panwaslu Kota Tangerang ini menjelaskan syarat menjadi pemantau independen itu di antaranya, memiliki sumber dana internal, tidak dari pihak asing, memiliki akte pendirian organisasi dan bersedia memberikan laporan secara terbuka kepada KPU, Panwaslu serta pihak terkait yang terlibat dalam Pilwalkot Tangerang ini.

Sementara, menurut Pakar Hukum dan Ketatanegaraan Tangerang Ray Rangkuti, pemantau independen sangat penting untuk mewakili masyarakat dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang.

"Pemilu dalam level apapun, baru dapat membuahkan hasil yang diterima rakyat, jika betul-betul dilaksanakan dengan prinsip langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil. Untuk itu, pemantau independen berguna untuk menjaga transparansi pelaksanaannya," tukas Direktur Lingkar Madani Indonesai itu .(RAZ)
 
BANDARA
1 Mei Penerbangan Internasional di Terminal 3 Mulai Beroperasi

1 Mei Penerbangan Internasional di Terminal 3 Mulai Beroperasi

Selasa, 28 Maret 2017 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Penerbangan maskapai Garuda Indonesia rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta sedang disiapkan untuk pindah, dari Terminal 2 ke Terminal 3. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan perpindahan penerbangan Internasional, Gar

BISNIS
Konsumen Alfamart : Aneh Kok Perseroan Minta Sumbangan

Konsumen Alfamart : Aneh Kok Perseroan Minta Sumbangan

Rabu, 8 Maret 2017 | 13:00

TANGERANGNews.com- Mustolih Siradj konsumen Alfamart yang kini digugat PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menjelaskan kenapa dirinya mempertanyakan donasi yang dipungut perusahaan tersebut.

TEKNO
Tren Chatbot, BBM Siap Luncurkan Tahun Ini

Tren Chatbot, BBM Siap Luncurkan Tahun Ini

Kamis, 12 Januari 2017 | 11:00

Ia percaya bahwa bot akan mendorong kemajuan besar di dunia teknologi pada tahun ini. Kondisi ini juga didukung oleh keberadaan aplikasi olah pesan yang membuat orang menghabiskan sebagian besar waktunya di ponsel mereka.

KOTA TANGERANG
Polisi Ringkus Komplotan Perampok Alfamart Jatiuwung

Polisi Ringkus Komplotan Perampok Alfamart Jatiuwung

Selasa, 28 Maret 2017 | 10:00

"Lima perampok Alfamart telah kami tangkap. Mereka masing-masing berinisial EA, HT, MR, AK, dan MA," ujar Kapolsek Jatiuwung, Kompol Budi Agung Laksono, Selasa (28/3/2017).

"Ketika satu pintu tertutup, pintu-pintu lainnya terbuka, tetapi kita sering terlalu lama menatap dan menyesali pintu yang tertutup itu, sehingga kita tidak melihat pintu yang terbuka untuk kita."

Alexander Graham Bell