Connect With Us

Cisadane Tercemar Terus, DPRD Akan Bentuk Raperda Pengendalian Air

| Kamis, 9 Mei 2013 | 18:34

Cisadane Tercemar (tangerangnews / den)

 
 
TANGERANG -Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Tangerang saat ini tengah melakukan pembahasan Raperda inisiatif tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Air. Sejumlah studi banding dilakukan untuk memperkaya substansi Raperda sebelum ditetapkan menjadi Perda.
 
Ketua Pansus Raperda tersebut, Fauzan Manafi Albar mengatakan, Raperda ini dimaksudkan untuk menjamin kualitas air yang diinginkan sesuai peruntukannya agar tetap dalam kondisi alamiah. Pasalnya, air merupakan komponen lingkungan hidup yang penting bagi kelangsungan hidup generasi sekarang dan generasi masa mendatang, serta keseimbangan ekologis.
 
"Pengendalian pencemaran air tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu melalui upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air," ujarnya.
 
Berdasarkan pemantauan dari Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (Pusarpedal) Kementerian LH dan BPLH Kota Tangerang bahwa air situ dan sungai di Kota Tangerang telah tercemar melebihi baku mutu air yang ditetapkan pemerintah.
 
“Kontributor terbesar dari limbah domestik 80% yaitu rumah tangga/real estate, apartemen, hotel, toko modern, dan sisanya dari industri,” ujar Fauzan.
 
Untuk itu, melalui Raperda ini tidak boleh lagi masyarakat membuang limbah air sebagai sumber pencemar ke sumber air. Para kontributor harus membuang ke instalasi pengelolaan limbah untuk diproses sehingga baku mutu air yang ditetapkan pemerintah
 
“Sebagai upaya sustainable development agar baku mutu air dapat terjaga untuk kelangsungan kehidupan dan sebagai wujud good governance,” pungkas Fauzan.(RAZ)

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill