Connect With Us

Cisadane Tercemar Terus, DPRD Akan Bentuk Raperda Pengendalian Air

| Kamis, 9 Mei 2013 | 18:34

| Dibaca : 1169

Cisadane Tercemar (tangerangnews / den)

 
 
TANGERANG -Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Tangerang saat ini tengah melakukan pembahasan Raperda inisiatif tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Air. Sejumlah studi banding dilakukan untuk memperkaya substansi Raperda sebelum ditetapkan menjadi Perda.
 
Ketua Pansus Raperda tersebut, Fauzan Manafi Albar mengatakan, Raperda ini dimaksudkan untuk menjamin kualitas air yang diinginkan sesuai peruntukannya agar tetap dalam kondisi alamiah. Pasalnya, air merupakan komponen lingkungan hidup yang penting bagi kelangsungan hidup generasi sekarang dan generasi masa mendatang, serta keseimbangan ekologis.
 
"Pengendalian pencemaran air tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu melalui upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air," ujarnya.
 
Berdasarkan pemantauan dari Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (Pusarpedal) Kementerian LH dan BPLH Kota Tangerang bahwa air situ dan sungai di Kota Tangerang telah tercemar melebihi baku mutu air yang ditetapkan pemerintah.
 
“Kontributor terbesar dari limbah domestik 80% yaitu rumah tangga/real estate, apartemen, hotel, toko modern, dan sisanya dari industri,” ujar Fauzan.
 
Untuk itu, melalui Raperda ini tidak boleh lagi masyarakat membuang limbah air sebagai sumber pencemar ke sumber air. Para kontributor harus membuang ke instalasi pengelolaan limbah untuk diproses sehingga baku mutu air yang ditetapkan pemerintah
 
“Sebagai upaya sustainable development agar baku mutu air dapat terjaga untuk kelangsungan kehidupan dan sebagai wujud good governance,” pungkas Fauzan.(RAZ)

KOTA TANGERANG
Siswa SD Ramai-ramai Datangi Lapas Tangerang, Ternyata Lakukan Ini

Siswa SD Ramai-ramai Datangi Lapas Tangerang, Ternyata Lakukan Ini

Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:22

TANGERANGNEWS.com-Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, pelajar sekolah dasar (SD) di Kota Tangerang ramai-ramai mendatangi Lapas Kelas IIA Tangerang.

TANGSEL
Pengidap Aritmia Ternyata Bisa Sembuh dengan Tindakan Kateter Ablasi

Pengidap Aritmia Ternyata Bisa Sembuh dengan Tindakan Kateter Ablasi

Jumat, 30 September 2022 | 21:56

TANGERANGNEWS.com-Penanganan penyakit gangguan irama pada jantung atau dalam istilah medis disebut aritmia, umumnya tidak membutuhkan pengobatan.

WISATA
5 Tempat Wisata di Sampit yang Wajib Dikunjungi Ketika ke Kalimantan Tengah

5 Tempat Wisata di Sampit yang Wajib Dikunjungi Ketika ke Kalimantan Tengah

Sabtu, 24 September 2022 | 17:10

TANGERANGNEWS.com-Jika anda sedang memiliki rencana untuk berkunjung ke Kota Sampit, maka anda bisa mencoba untuk mengunjungi beragam destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan.

HIBURAN
Tidak Kapok Dihujat Netizen, Baim Wong dan Paula Malah Prank Polisi Kasus KDRT

Tidak Kapok Dihujat Netizen, Baim Wong dan Paula Malah Prank Polisi Kasus KDRT

Minggu, 2 Oktober 2022 | 23:44

TANGERANGNEWS.com-Artis Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven kembali viral akibat kontennya yang kontroversial. Kali ini keduanya membuat video prank terhadap polisi dengan pura-pura membuat laporan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill