Connect With Us

BEM-FKIP Unis Tangerang Gelar Seminar Pendidikan Karakter

| Kamis, 16 Mei 2013 | 18:51

BEM-FKIP Unis Tangerang Gelar Seminar Pendidikan Karakter. (tangerangnews / rangga)

 
TANGERANG-Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2013, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM-FKIP) Unis Tangerang menggelar seminar pendidikan berkarakter, Kamis (16/5).
 
Seminar dengan tema "Implementasi Pendidikan Berkarakter bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” ini diisi oleh pembicara yakni praktisi pendidikan Prof. Dr. Mustofa Kamil dan motivator pendidikan Setiyo Iswoyo.
 
Dalam seminarnya, Mustofa Kamil mengatakan,  bahwa saat ini banyak terjadi kekerasan di kalangan remaja seperti tawuran, narkoba dan freesex. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, diantaranya peradaban pasca modern yang telah menggilas nilai-nilai luhur.
 Lalu nilai-nilai mulia yang terkait dengan pembentukan budi pekerti yang berakar dari kebudayaan dan jati diri bangsa sudah terpinggirkan.
 
“Selain itu, hukum dan etika terkesan tidak ditegakkan dan tindakan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Tidak ada jalan lain untuk mengantisipasinya selain membangun karakter yang kuat.  Dengan demikian pendidikan karakter adalah salah satu jalan membentuk manusia,” ujarnya.
 
Sementara Setiyo Iswoyo mengatakan, berdasarkan laporan Nasional Association od School Psychologist, sebanyak 22 persen anak-anak kelas empat sampai delapan di Amerika Serikat mengalami kesulitan belajar. Hal itu dikarenakan adanya perilaku saling mengejek antar kawanan di sekolah.
 
Hal ini pun kerap terjadi di Indonesia, yang menyebabkan terjadinya tawuran antar pelajar.
 
“Dan pendidikan karakter di sekolah dapat menurunkan perilaku saling ejek dan menurunkan terjadinya perkelahian antar pelajar. Sehingga suasana pelajaran semakin nyaman dan akhirnya meningkatkan prestasi akademik siswa,” paparnya.
 
Ketua Panitia Wahyu Pandu Kuncoro mengatakan, seminar tersebut adalah salah satu acara FKIP FAIR 2013 dalam rangka menyambut Hardiknas. Ada sekitar 220 peserta yang mengikuti seminar tersebut.
 
“Acara ini digelar dari tanggal 12-18 Mei 2013. Selain seminar, ada juga TOEFL Prediction, berbagai perlombaan, bazzar, akustik band, pidato bahasa inggris dan pada penutupan acara akan dimeriahkan parade komunitas reggae,” ujarnya.(RAZ)

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill