Connect With Us

Kota Tangerang Terapkan Rayonisasi Sekolah

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 17 April 2014 | 18:50

Tampak petugas sekolah mencopot Logo RSBI di SMAN 1 Tangerang @2013 (Dens Bagoes Irawan / TangerangNewsd)

 
TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan rayonisasi sekolah untuk mengurangi macet di beberapa ruas jalan. Dengan sistem rayonisasi,  siswa diwajibkan bersekolah di sekolah yang masih satu wilayah kecamatan dengan tempat tinggalnya.
 
"Jadi nantinya, warga dari Kecamatan Larangan tidak perlu jauh - jauh ke Kecamatan Tangerang, cukup sekolah di lokasi yang sama dengan domisisilinya," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Kamis (17/4)
 
Menurutnya, Selama ini, masyarakat cenderung memilih sekolahan yang favorit. Sehingga terjadi penumpukan siswa berprestasi di beberapa sekolah. Hal ini juga memicu kepadatan arus komunitas di sekitar sekolahan tersebut. “Padahal semua sekolah di Tangerang kualitasnya sama,” imbuhnya.
 
Untuk menunjang program tersebut, Arief juga akan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Dikatakannya, pembangunan sentra pendidikan sampai kantor pemerintahan harus di lokasi yang strategis, sehingga masyarakat mudah untuk mengaksesnya.
 
"Kedepannya, di setiap wilayah akan ada pelayanan publik yang mampu diakses semua msyarakat serta kualitasnya mumpuni," katanya.
 
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Ahmad Lutfi mengatakan, rayonisasi sekolah tersebut akan mulai diberlakukan untuk sekolah negeri tingkat SD, SMP dan SMA tahun ajaran 2014. Menurutnya, semua sekolah negeri di Kota Tangerang sudah memiliki standart yang sama.
 
“Memang selama ini kesannya sekolah di wilayah pusat Kota Tangerang seperti SMA 1 atau SMP 1 lebih keren dan lebih berkualitas, padahal sama saja. Ke depan para calon siswa ini akan ditempatkan de sekolah sesuai domisilinya,” ujarnya.
 
Namun, pihaknya tidak melarang jika masyarakat ingin masuk sekolah negeri di pusat kota, hanya saja calon siswa akan diseleksi. Sedangkan jika gedung sekolah memiliki keterbatasan kapasitas, calon siswa boleh masuk ke sekolah yang tak jauh dari rayonnya.
 
“Boleh sekolah di pusat kota, tapi nanti akan dilihat kriterianya. Kita kan sosialsiasikan program ini dulu, mudah-mudahan masyarakat bisa mengikuti,” ujarnya.
 
 
OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill