Connect With Us

Festival Tangerang Bersih, Sampah Bisa Ditukar Sembako

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 April 2014 | 20:12

Bang Centeral Sampah ( / Rangga)

 TANGERANG-Festival Tangerang Bersih kedua kalinya di gelar di pinggir Sungai Cisadane, Jalan Benteng Makasar, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (23/4). Dalam festival tersebut ditampikan 50 stand yang mengenalkan kegiatan pengolahan sampah serta produk-produk hasil daur ulang sampah.
 
Bahkan di stand no 15-17, masyarakt bisa menukarkan sampah dengan sembako. Caranya, wara tinggal membawa sampah yang bisa didaur ulang seperti botol minum plastik, kantong kresek, buku, logam dan lain-lain.
 
“Nanti sampah tersebut ditimbang, warga bisa mendapat sembako sesuai dengan harga dari sampah yang diberikan,” kata Sekertaris Bank Centeral Sampah Kota Tangerang Cecep Darusman, Rabu (23/4).
 
Dijelaskanya, untuk harga sampah tersebut berbeda-beda. Contohnya, sampah botol air mineral plastik seberat 2,5 Kg bisa ditukar dengan 1 Kg beras seharga Rp8.000.
 
“Untuk 1 kg sampah plastik harganya Rp 2.500, 1 Kg sampah kertas HVS  Rp1.000 – 1.500. Sampah logam lebih mahal, Rp 11.000 per Kg,” terangnya.
 
Sementara sembako yang bisa ditukarkan bermacam macam, selain beras ada gula, minyak goreng, mie instan, bumbu apur dan lain-lain.
 
“Program menukar sampah dengan sembako sudah diterapkan di 13 Kecamatan Kota Tangerang . Sedangkan untuk Bank Centeral Sampah yang kita kelola ada di TPA Rawa Kucing, sudah berjalan sejak Desember 2013,” paparnya.
 
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menuturkan, festival ini bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang hidup bersih sehingga perilaku hidup dan budaya bersih akan senantiasa tumbuh dengan penuh kesadaran di kalangan masyarakat.
 
“Kita juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan karena sampah itu pada dasarnya bukan semata-mata masalah tapi sebuah berkah jika kita bisa mengolah dan memanfaatkannya dengan baik,” ujarnya.
 
Pemkot sendiri ters berusaha mengelola sampah dengan mengembangkan mesin konverter sampah, dimana dengan mesin tersebut sampah bisa diolah menjadi energi. "Kami juga mengembangkan enzym generator yang bisa meminimalisir bau sampah," jelas Arief.
 
BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill