Connect With Us

Wali Kota Tangerang Dapat Bea Siswa dari Singapura

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 13 Mei 2014 | 20:03

Arief sungkem sebelum mencoblos pada Pilkada Kota Tangerang 2013 (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Kota Tangerang terpilih mewakili Indonesia dalam World Cities Summit (WCS) di Singapura yang dihadiri 162 Wali Kota seluruh dunia pada tanggal 1 - 4 Juni 2014.

Tak hanya itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismanysah juga mendapat mendapatkan bea siswa dari Temasek Foundation Leaders in Governance Programe sebesar 13.500 Dolar Singapura.

Arief mengatakan, Kota Tangerang terpilih dari hasil seleksi yang dilakukan. Sebelumnya, ada 500 Wali Kota yang ikut, kemudian diseleksi menjadi 162 orang.

Selain Kota Tangerang, beberapa daerah yang juga akan mengikuti kegiatan serupa yakni Batam, Jambi, Kota Bandung, Bintan, Sumatera Selatan, Makasar dan Yogyakarta.

"Kota Tangerang dipilih karena dinilai mempunyai potensi untuk berkembang menjadi bagian dari Kota Megapolitan seperti wilayah - wilayah yang ada di Singapura," katanya Selasa (13/5).

Arief menambahkan, Wali Kota dari seluruh dunia juga diberikan beasiswa untuk mendapat berbagai pelatihan seperti pengalaman Singapura dalam proyek - proyek investasi strategis, reformasi dan tata kelola sektor publik, prioritas investasi infrastruktur, investasi pembiayaan infrastruktur dan kiat sukses Public-Private Partnership (PPP) sebagai model pengembangan proyek infrastruktur.

Adapun yang menjadi pembicara internasional seperti Luis Fernando, Peter Bakker, Jean - Louis Chaussade dan Chan Heng Chee.
"Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, kedepan Kota Tangerang akan menjadi salah satu Kota Megapolitan yang tidak hanya ramah lingkungan tapi juga nyaman bagi masyarakatnya," jelasnya.

Selain itu, melalui forum WCS, diharapkan dapat membuka jaringan kerjasama Kota Tangerang dengan banyak perwakilan tingkat tinggi kota dunia.

"Harapan kedepannya adalah, forum ini menjadi ajang pembelajaran tentang pengalaman dan inovasi dari masing-masing kota serta alternatif solusi yang baik di bidang perencanaan kota," tambahnya.

Sebelum mengikuti forum WCS, Kota Tangerang juga mendapatkan undangan dari Temasek Foundation Leaders in Urban Governance Programme pada tanggal 26 - 30 Mei. Pada kegiatan itu, akan diberikan informasi dan berbagi pengetahuan mengenai pembangunan kota Singapura yang padat namun layak huni dan berkelanjutan.

Ditambahkannya, terpilihnya Kota Tangerang dalam Forum WCS, merupakan tindak lanjut dari Program Pelatihan Penataan Infrastruktur Perkotaan yang diadakan pada bulan Maret lau oleh The Cities Development Initiative for ASIA (CDIA) bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri Singapura.
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill