Connect With Us

DKP Tangerang Belum Pastikan Penyebab Air Tercemar

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 24 Juli 2014 | 22:44

Penemuan bayi di TPA Rawa Kucing. (tangerangnews / rangga)

TANGERANG-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang belum bisa memastikan apakah penyebab buruknya kondisi air tanah warga Keduang Wetan dan Kedaung Baru disebabkan pencemaran dari TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

“Harus diteliti lagi kenapa kondisi air bisa begitu, tidak bisa dinilai karena airnya kotor berarti pencemaran. Harus ada penelitian yang bisa dipertanggung jawabkan. Tapi itu kewenangan BPLH,” jelas Kepala DKP Ivan Yudianto, Kamis (24/7).

 Namun menurut Ivan, pihaknya tengah melakukan perbaikan sistem pengolahan sampah di TPA Rawa Kucing dengan menerapkan sistem sanitary landfill. Konsep ini mencegah air lindi yang dapat mencemakan air masuk ke dalam tanah.
 
“Lalu kita buat saluran drainase, untuk mengalirkan air hujan ke sungai, sementara air lindi ditampung dan diproses dulu  sehingga yang keluar sudah air bersih,” katanya.
 
Rencananya, sistem sanitary landfill tersebut akan ditambah sehingga bisa mengcover semua sampah di TPA Rawa Kucing.
 Hanya saja, pihaknya terkendala anggaran bantuan dari World Bank. “Mereka akan membantu pembangunan infrastrukturnya, tapi kita masih menunggu,” jelasnya.
 
Terkait upaya untuk membantu warga sekitar TPA Rawa Kucing yang kesulitan air bersih, menurut Ivan perlu upaya konferensip dari dinas terkait, tdiak hanya DKP. “Penindakan harus bersama, kita koordinasi dengan BPLH, PU dan dinas lainnya,” jelasnya.
 
Sementara Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pembangunan sistem tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga untuk menambahnya akan cukup sulit. "Kita pengennya nambah, tapi biaya pembuatan sanitary itu kan besar, dikeruk dulu, terus pakai geotekstil. Efektif memang, tapi anggarannya besar," keluhnya.
 
Menurutnya persoalan air bersih memang harus diselesaikan. Mengingat persoalan ini sudah terjadi hampir 20 tahun.
“Bukan cuma 17 tahun, tapi dari zaman baheula. Karena itu solusinya untuk masyarakat adalah kita harus segera memberikan sarana air bersih," ujarnya.
 
Arief mengatakan bahwa solusi air bersih ini bukan hanya akan diberikan untuk kawasan sekitar Neglasari, tapi juga seluruh kawasan Kota Tangerang. "Pemerintah kota ini akan fokus untuk memberikan air bersih kepada warga Neglasari pada khususnya, serta kota Tangerang pada umumnya," katanya.
 
KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill