Connect With Us

Pariwisata Banten Terkendala Infrastruktur

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 24 Oktober 2014 | 18:56

Pantai Anyer (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Meski Provinsi Banten memiliki potensi pariwisata yang tinggi, namun masih terkendala infrastruktur jalan. terutama wisata alam yang berada di kawasan Utara dan Selatan Banten.
 
“Di Banten ada sekitar 526 destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata ziarah dan wisata belanja. Tapi memang dari segi infrastruktur belum sesuai harapan, penataan objeknya belum maksimal,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten Hj Endrawati saat mengelar dialog di acara Gebyar Wisata Banten 2014 yang diselengarakan di Tangcity Mall, Kota Tangerang, Jumat (24/10).
 
Endarwati menambahan, dari ratusan objek wisata tersebut, yang paling banyak dikunjungi adalah wisata pantai seperti Pantai Anyer, Carita dan Sawarna. Kedua adalah wisata buatan seperti rekreasi kolam renang dan taman bermain. Sementara jumlah pengunjung pariwisata di Banten tahun 2013 mencapai 18 juta orang.
 
“Secara destinasi, akses jalan ini kebanyakan bukan kewenangan Provinsi, melainkan pemerintah kabupaten/kota. Contohnya di Pantai Sawarna, itu jalannya parah sekali, cuma memang itu kewenangan Pemkab Lebak,” katanya.
 
Meski demikian, kata Endrawati, pihaknya terus memelakukan berbagai upaya agar kawasan wisata yang ada semakin dikenal dan banyak dikunjungi. Salah satunya dengan kegiata Gebyar Wisata Banten yang digelar di tiap daerah. Apalagi menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015, yang akan menarik jumlah pengunjung wisatawan mancanegara.
 
“Perlu ada kerjasama lintas program dengan berbagai instansi, Pemprov tidak bisa sendiri. Sampai saat ini kita terus promosi dan melakukan terobosan-terobosan di bidang budaya agar potensi wisata kita nsemaki berkembang,” jelasnya.
 
Sementara Dirut Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Tangsel Kusmayadi mengatakan, Untuk mendorong suatu kawasan strategis pariwisata, semestinya seluruh SKPD pemerintah ikut serta membangun sifastruktur.
 
“Perlu ada intergasi dari program-program yang dibutuhkan. Dinas Pekerjaan Umum nyiapin jalan, Dinas Pertamanan nyiapin taman-taman terbuka. Ketika sudah jadi, maka tugas Dinas Parisiwata yang memasarkan,” jelasnya.
 
Selama ini dia melihat, bahwa wisata dan budaya banten yangt bagus dan beraneka ragam, hanya saja aksebilitasnya yang kurang memadai. Hal ini menyebabkan kawasan pariwisata tidak bisa berkembang maksimal. Dicontohkannya untuk menuju Pantai Sawarna, pengunjung  lebih memilih memutar lewat Sukabumi dari pada lewat kota/kabupaten di Banten.
 
“Orang lewan Sukabumi karena evektifitas waktu lebih cepat, walau dari segi jarak lebih jauh. Bayangkan kalau satu keluarga ke Sawarna, tapi makan siangnya di Sukabumi, beli oleh-oleh di Pelabuhan Ratu. Tapi kalau infrastrukurnya bagus, mereka belanja oleh-oleh bisa di Pandeglang atau Labuan, kawasan sekitar dapat keuntungan ekonomi,” jelasnya.
 
HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill