Connect With Us

Kota Tangerang Sabet Juara Kampanye Keselamatan Berkendara 2014

Rangga Agung Zuliansyah, Denny Bagus Irawan | Rabu, 26 November 2014 | 19:09

Kota Tangerang Sabet Juara Kampanye Keselamatan Berkendara 2014 (Dira Derby / TangerangNews)


TANGERANG-Kota Tangerang meraih Juara Umum sebagai Kota Metropolitan yang dinilai mempunyai komitmen dalam mendukung keselamatan berkendara pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014 untuk kategori Saver User, Saver Road and Saver Vehicle.

 Apresiasi ini diberikan langsung oleh para juri IRSA 2014 di UOB Plaza Thamrin Nine Ballroom, Jalan MH. Thamrin No. 10 Jakarta Pusat, Rabu (26/11).

Tak hanya itu, apresiasi lain yang diberikan pihak panitia kepada Kota Tangerang yaitu Walikota Tangerang Arief R Wismansyah didaulat sebagai narasumber pada Press Conference IRSA 2014.

Arief menuturkan, Keselamatan berkendara menjadi prioritas pembangunan transportasi di Kota Tangerang. Diantaranya dengan adanya Forum Lalu-Lintas Kota Tangerang yang telah berjalan dengan baik selama ini. "Pemkot dan pihak kepolisian rutin berkoordinasi terkait manajemen lalu-lintas yang berkeselamatan di Kota Tangerang," paparnya.

Arief juga menyampaikan, Kota Tangerang terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana transportasi. Misalnya dengan menyediakan Buslane, Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway Transjakarta ( APTB), Jalur Sepeda, ATCS dan sebagainya.
 "Semua upaya itu tak lain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi masyarakat," katanya.

Capaian yang diraih Kota Tangerang yang kedua kalinya ini tentunya berkat kerjakeras seluruh elemen terkait yang turut didukung oleh kesadaran masyarakat dalam berkendara. "Ini bonus dari kerja keras kita semua," terangnya.

Untuk diketahui, pada tahapan penilaian serta penjurian yang dilakukan pada 28 Oktober 2014 di Hotel Shangrilla Jakarta, Kota Tangerang masuk empat besar finalis bersama Bekasi, Sleman, Tangerang Selatan sebagai Kategori Kota Metropolitan yang mempunyai komitmen dalam mendukung keselamatan berkendara. 

Dengan indikator penilaian yang meliputi aspek keselamatan jalan yaitu Manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan berupa prasarana jalan yang representatif, kemudian juga kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan pasca keselamatan.

Dari aspek penilaian tersebut, menurut Arief, Kota Tangerang dinilai mempunyai keunggulan di hampir semua aspek. Hal ini terlihat dari peningkatan panjang jalan maupun perbaikan jalan kota dari Tahun 2010 yang mencapai 300,5 km, pada Tahun 2014 meningkat menjadi 305,8 km. Sedang untuk trotoar di Tahun 2010 dari 151,8 km meningkat menjadi 216,37 km di Tahun 2014.

Selain itu, pengawasan terhadap perilaku berkendara yang berkeselamatan serta keikutsertaan Kota Tangerang dalam komitmen keselamatan lalu-lintas yang ditandatangani di Kyoto, Jepang pada Tahun 2009 dan diperbaharui pada 2014 di Kolombo.

"Jumlah kecelakaan di Kota Tangerang pun turun, di Tahun 2010 terjadi 734 kecelakaan pada Tahun 2013 berkurang menjadi 556. Bahkan semester pertama 2014 hanya 166 kejadian," terangnya.
 
NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill