Connect With Us

Pengalihan Pengelolaan SMA/SMK Kurangi Beban APBD Kota Tangerang Rp1 Triliun

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 26 April 2015 | 18:20

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Akhmad Lutfi (sumber disdiktangerangkota.net/google / TangerangNews)


TANGERANG-Pengalihan pengelolaan SMA/SMK dari Pemerintah Kota atau Kabupaten ke Provinsi melalui UU no 23/2014 dinilai dapat mengurangi beban APBD untuk pendidikan di Kota Tangerang sebesar Rp1 triliun.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Akhmad Lutfi mengatakan setiap tahunnya, Pemkot Tangerang menganggarkan dana sekitar Rp300 miliar lebih untuk dana operasional pendidikan (DOP) dan insentif guru. Selain itu juga anggaran untuk pembangunan gedung sekolah SMA/SMK yang mencapai Rp700 miliar.

"Angaran untuk pendidikan SMK/SMK itu bisa Rp1 triliun per tahun. Kalau ada pengalihan kewenangan, anggaran itu menjadi tanggung jawab Provinsi," katanya, Minggu (26/4).

Menurutnya, dampak baik dari pengalihan kewenangan itu, beban anggaran bisa berkurang. Selanjutnya, anggaran bisa difokuskan untuk pengelolaan SD dan SMP. Namun kendalanya adalah dari sisi pengawasan, tak hanya soal pembangunan, tapi juga terkait kenakalan pelajar.

"Sekarang kalau yang nangani Provinsi, rentangnya terlalu jauh, sehingga pengawasan akan repot  nantinya. Kita saja yang langsung berhadapan enggak sepenuhnya bisa mengendalikan gerakan para pelajar," tukas Lutfi.

Meski demikian dia tetap akan melaksanakan peraturan baru yang telah disahkan pemerintah pusat tersebut. "Karena ini undang-undang, ya kita harus patuh. Aturan ini baru efektif 2017, saat ini masih masa transisi," jelasnya.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill