Connect With Us

Belasan Belatung Selamatkan Nyawa Pekerja

EYD | Kamis, 20 Agustus 2015 | 11:13

Pekerja asal Vietnam ini mengalami infeksi di bagian kepala akibat tertimpa besi. Untungnya belatung yang hidup di luka itu justru menyelamatkan pekerja tersebut. (tribunnews / ist)

Kejadian mengerikan dialami seorang buruh bangunan asal Vietnam, Pham Quang Lanh. Setelah mengalami luka parah di bagian kepala akibat tertimba besi bangunan, beberapa bulan lalu, ternyata hidup sekitar 12 ekor belatung di bekas lukanya tersebut.

Pham baru mengetahui hal tersebut minggu yang lalu. Dokter yang memeriksanya pun terkejut melihat belatung tumbuh ditengkorak kepalanya. Dokter pun lekas membersihkan kepalanya yang dipenuhi belasan belatung tersebut.

Namun, kejadian langka itu justru menyelamatkan nyawa Pham. Dr Nguyen Duc Anh dari Rumah Sakit Umum Hanoi terkejut saat mengetahui belatung itu memberi efek positif kepada Pham, yang sempat mengalami infeksi parah di bagian kepala yang bisa memengaruhi otaknya. “Belasan belatung itu memakan daging yang terkena infeksi, sehingga jaringan otaknya aman,” ujar Dr Nguyen, dilansir Mirror.

Pham mengaku tak pernah memeriksa lukanya itu ke rumah sakit dengan alasan biaya. Tapi, sakit kepala yang luar biasa memaksa pria berusia 28 tahun ini akhirnya menemui dokter. “Saya kira luka itu baik-baik saja. Tapi, ternyata sekarang jadi masalah,” keluh Pham.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill