Connect With Us

Dua Kepala Negara ini Bicarakan Islam Indonesia

EYD | Minggu, 13 Maret 2016 | 07:46

| Dibaca : 1414

Presiden Barack Obama (kanan) dan PM Australia Malcolm Turnbull (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Ada yang terungkap dari pembicaraan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan PM Australia Malcolm Turnbull saat KTT APEC 2015. Mereka membicarakan soal Islam, Indonesia, dan Arab Saudi.

Pembicaraan di antara dua kepala negara itu berlangsung dalam KTT APEC 2015 di Manila, Filipina pada November 2015. Dalam pembicaraan bilateral itu, Obama mendeskripsikan bahwa dia mengamati Indonesia berangsur menjadi negara dari yang tadinya Islam yang santai dengan banyak wajah dan cenderung sinkretis menjadi Islam yang lebih fundamentalis, dan punya interpretasi tak kenal ampun. Obama mengatakan pada Turnbull pula, dari pengamatannya, makin banyak perempuan Indonesia sekarang mengadopsi hijab, penutup rambut muslimah.

"Kenapa ini terjadi?" tanya Turnbull seperti dilansir dari Sydney Morning Herald, Minggu (13/3/2016).

Karena, jawab Obama, Saudi dan negara Teluk Arab lain telah menyalurkan uang dan banyak jumlah imam dan guru kepada Indonesia. Di tahun 1990-an, lanjut Obama, Saudi mendanai besar-besaran madrasah beraliran Wahabi, Islam fundamentalis yang ada di kerajaan Arab Saudi.

"Hari ini Islam di Indonesia ini semakin berorientasi ke Arab daripada waktu saya hidup di sana," tutur Obama ke Turnbull.

"Bukankah Saudi itu teman Anda?" tanya Turnbull.

Obama pun tersenyum. "Itu (hubungan) rumit," jawab Obama.

Pembicaraan kedua kepala negara ini baru terungkap dalam majalah bulanan politik Amerika Serikat (AS) The Atlantic edisi April 2016. The Atlantic menuliskan wawancaranya dengan Obama dan menuliskannya dalam artikel panjang berjudul "Obama Doctrine". Beberapa topik tentang Islam dan Indonesia pun dikutip beberapa media seperti Sydney Morning Herald dan Newsweek.

TANGSEL
Anak Berkebutuhan Khusus di Tangsel Jadi Korban Bullying di Sosmed

Anak Berkebutuhan Khusus di Tangsel Jadi Korban Bullying di Sosmed

Jumat, 21 Februari 2020 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Divalah, 17, seorang anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan diagnosa Seckel Syndrome, warga Kecamatan Pondok Aren,

PROPERTI
Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Senin, 17 Februari 2020 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Kinerja positif ditunjukkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Dalam tiga minggu terakhir, LPKR selalu masuk daftar 10 saham yang paling diburu investor asing

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt