Connect With Us

Kasus Panama Papers, Putin Sebut AS sebagai Biang Keladinya

EYD | Jumat, 15 April 2016 | 11:21

Vladimir Putin (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Panama Papers sebagai provokasi yang didalangi Amerika Serikat. Menurut Putin, Panama Papers diungkapkan untuk mempengaruhi pemilu legislatif Rusia yang akan digelar September mendatang.

Nama sahabat lama Putin muncul dalam bocoran dokumen rahasia milik firma hukum Mossack Fonseca yang berbasis di Panama tersebut. Sergei Roldulgin dikenal sebagai pemain cello ternama Rusia yang juga ayah baptis putri sulung Putin, Maria. Seperti dilansir Reuters, Jumat (15/4/2016), Putin menyebut skandal Panama Papers sebagai konspirasi yang didalangi oleh pejabat-pejabat AS, dengan sengaja menargetkan Putin dan pemerintahannya.

"Siapa yang mendalanginya, provokasi ini? Kita tahu ada beberapa staf institusi Amerika (terlibat pengungkapan Panama Papers)," tegas Putin dalam pernyataan tahunan di hadapan publik Rusia yang disiarkan televisi setempat.

Tidak hanya itu, Putin juga menyebut surat kabar Jerman, Suddeutsche Zeitung yang pertama kali mendapatkan dan merilis Panama Papers, sebenarnya milik bank ternama AS.

"Suddeutsche Zeitung merupakan perusahaan media yang dimiliki sebuah korporasi keuangan Amerika, Goldman Sachs. Itulah, telinga para penghasut ada di mana-mana, tapi mereka tidak malu," sebut Putin.

"Kita seharusnya tidak mengharapkan mereka menunjukkan penyesalan. Mereka akan tetap melakukannya dan semakin mendekati pemilu (Rusia), akan ada lebih banyak hal semacam itu," imbuhnya.

Dalam pernyataan di situsnya, Direktur Pengelola Suddeutsche Zeitung, Stefan Hilscher menyatakan surat kabar Jerman itu tidak ada kaitannya dengan Goldman Sachs dan menegaskan informasi soal kepemilikan surat kabar itu jelas terpampang dalam situsnya. Secara terpisah, pihak Goldman Sachs enggan berkomentar banyak, namun menyetujui pernyataan Hilscher.

Dalam Panama Papers, Rodulgin disebut memiliki perusahaan offshore yang didirikan dengan bantuan Mossack Fonseca. Perusahaan offshore itu menangani miliaran dolar AS, termasuk pinjaman dari sejumlah perusahaan yang terkait negara maupun teman Putin lainnya. Putin dalam pernyataan sebelumnya membela Rodulgin dengan menegaskan teman baiknya itu tidak melakukan korupsi. Putin pun mengaku bangga memiliki teman seperti Rodulgin.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Katarak Hilang dengan Cepat dan Tanpa Jahitan di RS IMC Bintaro

Katarak Hilang dengan Cepat dan Tanpa Jahitan di RS IMC Bintaro

Selasa, 23 April 2024 | 13:21

Katarak adalah kondisi mata yang terjadi ketika lensa mata menjadi keruh. Lensa mata yang sehat seharusnya jernih, tetapi pada penderita katarak, lensa ini berubah menjadi buram atau keruh, sehingga mengganggu penglihatan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill