Connect With Us

Aksi Turun ke Jalan, Pramugari Alitalia Ramai-ramai Lepas Baju dan Rok

Tim TangerangNews.com | Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:11

| Dibaca : 55581

Dalam aksi unjuk rasa, para pramugari Alitalia menurunkan tas mereka dan melepas baju seragam serta rok. (@TangerangNews / Dok. wantedinrom)

TANGERANGNEWS.com-Maskapai penerbangan nasional Italia, Alitalia, dinyatakan bangkrut karena terlilit utang selama lebih dari 10 tahun. Maskapai tersebut kemudian digantikan oleh maskapai nasional baru, ITA, yang memperoleh kucuran dana dari pemerintah senilai Rp22,3 triliun untuk menyelesaikan pengambilalihan. 

Keputusan tersebut direspons dengan kemarahan para pegawai karena  ITA hanya akan mempekerjakan 3.000 orang dari sekitar 10.000 pekerja Alitalia. Selain itu, mereka yang bekerja untuk ITA juga dibayar jauh lebih rendah dari upah sebelumnya.

Beberapa waktu sebelum Alitalia dinyatakan bangkrut, para pekerja menggelar demonstrasi dan mogok kerja sebagai aksi menentang pengambilalihan maskapai yang telah beroperasi selama 74 tahun itu. 

Dalam aksi protesnya, para mantan pramugari Alitalia ramai-ramai turun ke jalan.  Saat berbaris di atas Capitoline Hill, para pramugari ini serempak menurunkan tas bahu mereka. Kemudian mereka melepaskan jaket, baju seragam Alitalia  dan rok mereka. Tak ketinggalan mereka juga mencopot sepatu hak tingginya. Dengan hanya memakai pakaian dalam, mereka serentak meneriakkan, "Kami adalah Alitalia!"  

Aksi ini dilakukan juga sebagai bentuk solidaritas sesama pekerja yang dirugikan oleh kebijakan perusahaan. "Kami di sini untuk mengungkapkan rasa sakit kami dan juga solidaritas untuk semua rekan kami yang dipaksa menandatangani kontrak yang memalukan," ujar Cristina Poggesi, salah seorang dari banyak pramugari yang memprotes di Roma, baru-baru ini dilansir dari Euronews.

Sementara, Presiden ITA Alfredo Altavilla sebelumnya mengklaim bahwa staf maskapai penerbangan menyetujui kondisi kerja saat ini. “Tawar-menawar kontrak telah selesai. Mereka semua telah menandatangani kontrak yang dikirimkan kepada mereka,” ujar Altavilla.

Maskapai Alitalia bangkrut pada pertengahan Oktober setelah beroperasi selama 74 tahun. Penerbangan terjadwal terakhir Alitalia adalah perjalanan kembali dari Cagliari ke Roma, yang mendarat tak lama setelah pukul 11 malam pada Kamis 14 Oktober 2021 lalu. Alitalia bangkrut lantaran terlilit utang selama 10 tahun lebih. Alitalia sudah masuk ke administrasi khusus pada 2017, tapi tidak mampu menyelamatkannya dari kondisi pailit.

TEKNO
realme C25Y Jadi Modal Wajib Content Creator

realme C25Y Jadi Modal Wajib Content Creator

Kamis, 13 Januari 2022 | 10:55

TANGERANGNEWS.com-realme menghadirkan smartphone yang menjawab keinginan para generasi z (Gen-Z), yakni realme C25Y. Smartphone yang diluncurkan pada akhir tahun 2021 ini memiliki segudang fitur unggulan

WISATA
Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Rabu, 15 Desember 2021 | 19:57

TANGERANGNEWS.com –Merebaknya isu bakal adanya tsunami di Cilegon akhir-akhir ini sangat mempengaruhi tingkat pesanan hotel atau okupansi di wilayah Pantai Anyer dan sekitarnya di Kabupaten Serang

KOTA TANGERANG
Marinus Gea Pimpin Kembali Taruna Merah Putih Banten

Marinus Gea Pimpin Kembali Taruna Merah Putih Banten

Senin, 24 Januari 2022 | 22:13

TANGERANGNEWS.com-Anggota DPR RI Marinus Gea terpilih kembali sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Taruna Merah Putih (TMP) Provinsi Banten periode 2022-2027

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman