Connect With Us

Aksi Turun ke Jalan, Pramugari Alitalia Ramai-ramai Lepas Baju dan Rok

Tim TangerangNews.com | Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:11

Dalam aksi unjuk rasa, para pramugari Alitalia menurunkan tas mereka dan melepas baju seragam serta rok. (@TangerangNews / Dok. wantedinrom)

TANGERANGNEWS.com-Maskapai penerbangan nasional Italia, Alitalia, dinyatakan bangkrut karena terlilit utang selama lebih dari 10 tahun. Maskapai tersebut kemudian digantikan oleh maskapai nasional baru, ITA, yang memperoleh kucuran dana dari pemerintah senilai Rp22,3 triliun untuk menyelesaikan pengambilalihan. 

Keputusan tersebut direspons dengan kemarahan para pegawai karena  ITA hanya akan mempekerjakan 3.000 orang dari sekitar 10.000 pekerja Alitalia. Selain itu, mereka yang bekerja untuk ITA juga dibayar jauh lebih rendah dari upah sebelumnya.

Beberapa waktu sebelum Alitalia dinyatakan bangkrut, para pekerja menggelar demonstrasi dan mogok kerja sebagai aksi menentang pengambilalihan maskapai yang telah beroperasi selama 74 tahun itu. 

Dalam aksi protesnya, para mantan pramugari Alitalia ramai-ramai turun ke jalan.  Saat berbaris di atas Capitoline Hill, para pramugari ini serempak menurunkan tas bahu mereka. Kemudian mereka melepaskan jaket, baju seragam Alitalia  dan rok mereka. Tak ketinggalan mereka juga mencopot sepatu hak tingginya. Dengan hanya memakai pakaian dalam, mereka serentak meneriakkan, "Kami adalah Alitalia!"  

Aksi ini dilakukan juga sebagai bentuk solidaritas sesama pekerja yang dirugikan oleh kebijakan perusahaan. "Kami di sini untuk mengungkapkan rasa sakit kami dan juga solidaritas untuk semua rekan kami yang dipaksa menandatangani kontrak yang memalukan," ujar Cristina Poggesi, salah seorang dari banyak pramugari yang memprotes di Roma, baru-baru ini dilansir dari Euronews.

Sementara, Presiden ITA Alfredo Altavilla sebelumnya mengklaim bahwa staf maskapai penerbangan menyetujui kondisi kerja saat ini. “Tawar-menawar kontrak telah selesai. Mereka semua telah menandatangani kontrak yang dikirimkan kepada mereka,” ujar Altavilla.

Maskapai Alitalia bangkrut pada pertengahan Oktober setelah beroperasi selama 74 tahun. Penerbangan terjadwal terakhir Alitalia adalah perjalanan kembali dari Cagliari ke Roma, yang mendarat tak lama setelah pukul 11 malam pada Kamis 14 Oktober 2021 lalu. Alitalia bangkrut lantaran terlilit utang selama 10 tahun lebih. Alitalia sudah masuk ke administrasi khusus pada 2017, tapi tidak mampu menyelamatkannya dari kondisi pailit.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill