Connect With Us

Waduh! Bendera Indonesia Terbalik dalam Opening SEA Games 2023, Warganet: Polandia Masuk Asia?

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 6 Mei 2023 | 11:10

Tangkapan layar video bendera Indonesia yang tampil terbalik dalam pembukaan SEA Games ke-32 tahun 2023 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Momen upacara pembukaan SEA Games ke-32 tahun 2023 di Kamboja jadi sorotan warganet lantaran bendera Indonesia terlihat terbalik.

Pasalnya, bendera Indonesia selaku negara peserta SEA Games yang seharusnya Merah-Putih terbalik menjadi Putih-Merah mirip seperti milik Polandia.

Dalam acara yang disiarkan secara langsung melalui YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia, tampak sejumlah pembawa bendera mengibarkan bendera dari negara-negara peserta SEA Games, termasuk Indonesia.

Menanggapi kesalahan bendera terbalik tersebut, pihak Kamboja selaku tuan rumah meminta maaf dan memastikan kejadian serupa tidak akan terulang kembali.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Sports Development dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Harry Warganegara yang telah melayangkan Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

"Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," ujar Harry dikutip dari detik.com pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Meski begitu, terbaliknya Bendera Merah-Putih menuai beragam tanggapan dari warganet hingga menjadi trending topik di media sosial Twitter.

"Keren juga opening SEA Games 2023. Sayang, kok bukan bendera Indonesia yg dikibarkan, melainkan bendera Polandia," tulis akun @iIhamz***.

"Makanya mereka caper pake ngebalik bendera Indonesia, dia tau netizen indo paling ga bisa dipancing dikit nanti jadi viral dan insight seagames jadi naik," tulis akun @apanj****.

"Udah bertetangga puluhan tahun, satu komunitas ASEAN sejak 1967, lha kok masih saja terbalik pasang Bendera Indonesia (Merah-Putih-red)," tulis akun @SiaranBolaLive.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill