Connect With Us

Fahri Hamzah Dituding Menghina Santri

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 1 Juli 2014 | 19:13

Fahri Hamzah (istimewa / TangerangNews)


JAKARTA -Pernyataan anggota tim sukses Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Fahri Hamzah yang menganggap calon presiden Joko Widodo sinting karena akan menetapkan 1 Muharam sebagai Hari Santri Nasional, merupakan bentuk penghinaan kepada jutaan santri dan pesantren. Pernyataan Fahri juga dituding menunjukkan bahwa politisi PKS itu kurang memahami sejarah Islam.

Demikian disampaikan Ketua DPP PKB Marwan Jafar dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) Nusron Wahid ,dalam kesempatan terpisah di Jakarta, Selasa (1/7),

Sebelumnya lewat akun Twitter pribadinya, @fahrihamzah pada Kamis 27 Juni lalu, pukul 10.40 berkicau "Jokowi janji 1 Muharam hari Santri. Demi dia terpilih, 360 hari akan dijanjikan ke semua orang. Sinting!" Hal ini pun mengundang cibiran dan amarah dari banyak kalangan.

Marwan Jafar menilai pernyataan Fahri adalah sebagai bentuk penghinaan kepada jutaan santri dan pesantren. "Pernyataan Fahri ibarat tantangan perang terbuka kepada kyai, pesantren, dan santri yang menyambut gembira janji Jokowi 1 Muharam sebagai Hari Santri," kata Marwan.

Menurut Marwan, siapapun di negeri ini tentu paham bahwa tidak ada satupun yang mengingkari peran dan perjuangan santri dan pesantren sejak zaman merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan maupun mengisi pembangunan.

"Pernyataan Fahri Hamzah sungguh melecehkan, menghina, dan anti peranan dan eksistensi santri maupun pesantren di seluruh penjuru Tanah Air," ujarnya.

Sementara itu Nusron Wahid menilai, pernyataan  Fahri Hamzah menunjukkan bahwa ia kurang memahami sejarah Islam. Nusron menganggap Fahri masih memaknai 1 Muharam sebatas simbolik semata. 

"(Tanggal) 1 Muharam itu hari sakral. Sebab, hari itu merupakan momentum hijrah. Tapi, jangan hanya dimaknai simbolik (hijrah) dari Mekkah menuju Madinah," kata Nusron.

Menurut Nusron, hijrah juga memiliki makna revolusi mental secara substansi, seperti hijrah dari pemerintahan yang korup ke pemerintahan yang bersih. Usulan yang disampaikan oleh para kiai dan santri itu, kata dia, bermakna menuju pemerintahan Indonesia yang memiliki akhlak yang lebih baik (akhlakul karimah). 

Selain hari santri, ia mengatakan, banyak ide Jokowi yang sifatnya inspiratif, seperti hari inovasi nasional dan hari buruh. Menurut dia, ide tersebut sah-sah saja daripada sekadar menebar janji untuk memberi kursi kekuasaan atau menteri kepada para pendukungnya. 

"Kalau gagasan itu dianggap sinting, berarti yang menganggap sinting berarti bahlul dan sontoloyo, dan tidak bisa memaknai hijrah dalam konteks santri di Indonesia," katanya. 

Nusron menilai, ungkapan Fahri itu menunjukkan kecemburuannya karena ide itu justru muncul dari capres yang tak didukung partainya. Ia pun meminta politisi PKS itu untuk menahan diri, terutama di bulan suci Ramadhan seperti ini. 

"Tidak mengakui hari santri berarti sama saja tidak mengakui peranan santri dalam menciptakan character and national building bangsa Indonesia yang nasionalis, religius, dan akhlakul karimah. Itu semua adalah peranan santri dan kiai," katanya.

Sekretaris Dewan Penasihat Baitul Muslimin Indonesia Ahmad Basarah, mengatakan pernyataan Fahri Hamzah merupakan bukti bahwa dia tak memahami peran kalangan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Basarah bahkan menuding kritik Fahri itu merupakan cermin kubu Prabowo-Hatta yang tak menghargai keberagaman dan kerukunan bangsa.

Basarah khawatir, kicauan Fahri akan memancing kemarahan di kalangan santri. Oleh karena itu, pihaknya mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengambil tindakan tegas agar menimbulkan efek jera dan tak terulang pada lain waktu. "Bawaslu harus segera menindak pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan Fahri Hamzah," ujarnya.
 
PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill